Yuk Simak! Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

ILUSTRASI - Manfaat berendam air hangat bagi kesehatan, Sumber: Alodokter.

MartapuraKlik – Air hangat kerap digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang nyeri atau pegal, seperti perut atau punggung.

Kegunaan air hangat tak hanya itu saja, kita juga bisa mandi atau berendam dengan air hangat untuk merelaksasikan tubuh kita.

Read More

Mandi air hangat juga bisa bermanfaat untuk meredakan hidung mampet, melancarkan peredaran darah dan lain sebagainya.

Tanpa basa basi lagi, yuk simak manfaat mandi air hangat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan nyeri
Saat otot tubuh terasa nyeri dan tegang, mandi air hangat bisa menjadi solusi untuk meredakan ketegangan otot serta mengurangi rasa tidak nyaman pada sendi dan tulang.

2. Tidur lebih nyenyak
Bagi kita yang mengalami insomnia atau sulit tidur, kita bisa mencoba mandi malam menggunakan air hangat untuk mengatasinya.

Manfaat ini berkaitan dengan efek relaksasi yang dapat dihasilkan dengan mandi atau berendam air hangat, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

3. Mengatasi sembelit
Sembelit atau disebut konstipasi merupakan kondisi ketika pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mandi atau berendam dengan air hangat yang diberi campuran garam Epsom, dipercaya dapat menjadi salah satu cara mengatasinya.

4. Meredakan gejala wasir
Wasir dapat terjadi di dalam rektum atau di luar lubang anus. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang membengkak dan meradang di area tersebut.

Seseorang yang terkena wasir biasanya akan merasa tidak nyaman akibat gatal atau mengalami pendarahan pada anus.

Mandi berendam air hangat setidaknya dapat menjadi salah satu cara meredakan rasa tidak nyaman dan gatal.

5. Meredakan nyeri akibat prostatitis
Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang mengangkut dan memberi nutrisi pada sperma. Peradangan dan pembengkakan pada kelenjar prostat disebut dengan prostatitis. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan seseorang sulit buang air kecil.

Prostatitis adalah kondisi yang perlu mendapat penanganan dokter. Namun, mandi air hangat juga bermanfaat bagi penderita prostatitis untuk meredakan keluhan nyeri.

6. Mengatasi iritasi kulit
Bagi pemilik kulit gatal dan iritasi, mandi atau berendam air hangat yang dicampur bubuk oatmeal khusus dapat menjaga kelembapan kulit dan mengurangi iritasi kulit.

Efek mandi air hangat juga dapat meredakan radang pada kulit.

Nah, berikut di atas beberapa manfaat mandi air hangat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *