Warnai Kaleidoskop 2023, Pemkab Banjar Berhasil Berkomitmen Memaksimalkan Pelayanan Di Bidang Kesehatan

Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wakilnya Said Idrus Alhabsyie. (foto: ist)

MartapuraKlik – Di bawah kepemimpinan Saidi Mansyur dan Said Idrus Al Habsyi, Pemerintah Kabupaten Banjar terus menunjukkan sinergitas, dengan sederetan prestasi dan penghargaan yang diterima sebagai bentuk perwujudan visi dan misi Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri, dan Agamis (Manis).

Salah satunya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama penurunan kasus stunting. Bahkan, berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia di 2022, angka kasus stunting di Kabupaten Banjar yang awalnya mencapai 40 persen, kini turun menjadi 26,4 persen.

Read More

Tentunya bermacam terobosan guna percepatan penurunan kasus angka stunting terus dilakukan oleh Pemkab Banjar. Seperti, pemberian makanan tambahan kepada anak-anak stunting, terjun ke lapangan untuk memantau perkembangannya, maupun mengadakan Minilok (Mini Lokakarya) terkait resiko stunting di berbagai Kecamatan dan Desa.

Pemkab Banjar melalui Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Banjar akhirnya membuat inovasi terbaru, yakni program Dahsyat (Dapur Sehat Atasi Stunting) yang dikelola oleh Tim Penggerak PKK.

Ditambah, membentuk program Bapak dan Bunda Asuh Stunting di setiap kelurahan, desa dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) untuk mencapai target penurunan stunting Nasional pada 2024, sebesar 14 persen.

“Kita terus berupaya melakukan evaluasi penurunan percepatan stunting kepada Tim Percepatan Stunting yang ada di kecamatan dan desa, yang mana akan melibatkan semua unsur, baik dari pemerintah maupun swasta,” kata Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Banjar, Siti Hamidah.

Tak hanya Dinsos P3AP2KB, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar pun turut berperan dalam melaksanakan Pelatihan, Pendidikan Stimulasi Penanganan Stunting Guru PAUD Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2023.

“Pelatihan ini memberikan manfaat dan pemahaman terhadap para pengasuh atas stuting terhadap anak. Sebab, kedepan bangsa ini berada di tangan para generasi sekarang,” ucap Bunda PAUD Banjar Nurgita Tiyas.

Tak hanya permasalahan stunting saja, peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat juga menjadi perhatian oleh Pemkab Banjar dimasa kepemimpinan Saidi Mansyur – Said Idrus Alhabsyie.

Peningkatan pelayanan tersebut, seperti pembangunan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Public Safety Center (PSC) 199.

Terlebih lagi, penambahan fasilitas kesehatan di tiap kecamatan, dengan direncanakannya pembangunan gedung Puskesmas serta peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Ratu Zalecha Martapura.

“Pelayanan ini berguna agar bisa dimanfaatkan masyarakat dengan nyaman. Tentunya juga peningkatan kinerja pelayanan kesehatan diutamakan,” ungkap Bupati Banjar, H Saidi Mansyur saat meresmikan Gedung Labkesda dan PSC 199.

Alhasil, inovasi untuk peningkatan pelayanan di bidang kesehatan yang dilakukan Pemkab Banjar selama ini akhirnya membuahkan hasil. Hal ini terbukti dengan diraihnya Penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Bupati Banjar, H Saidi Mansyur atas dukungannya dalam pelaksanaan ILP sejak 2022, di Grand Ballroom Jiexpo Convention Centre dan Theatre, Arena Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, pada, 31 Agustus 2023 lalu.

Tak hanya itu saja, RSUD Ratu Zalecha Martapura juga mendapat akreditasi dengan Predikat Paripurna dari Kementerian Kesehatan RI.

Selain itu, Kabupaten Banjar juga berhasil meraih penghargaan sebagai peringkat 1 capaian pelayanan Keluarga Berencana (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan peringkat 1 capaian pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP) terbanyak kabupaten/kota, pada kegiatan Pekan Pelayanan KB serentak tingkat Provinsi Kalsel dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2023, berlangsung mulai 26 September hingga 9 Oktober 2023.

Lalu, Kelurahan Mandarsari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar meraih penghargaan tingkat Nasional, yakni penghargaan Bebas Stunting 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Menteri Desa PDTT yang diwakili oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT, Theresia Junidar dan Ketua ADINKES Pusat M Subuh, kepada Lurah Mandarsari Nuri Ansari, bersama Kepala Dinkes Yasna Khairina, mewakili Bupati Banjar, di Hotel Sahid Yogyakarta pada, 13 November 2023 lalu. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *