Wapres Harapkan MTQ Ini Meningkatkan Kesadaran Beragama yang Humanis

PEMBUKAAN - Ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wapres Ma'ruf Amin, disaksikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas serta Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

MartapuraKlik– Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin, membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXIX Provinsi Kalsel Tahun 2022, di Astaka Utama Kiram Park, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Rabu (12/10/2022) malam.

Seremoni pembukaan MTQ ini cukup menarik perhatian dengan pertunjukan Sinoman Hadrah Kolosal dari Disbudporapar Kabupaten Banjar.

Read More

Dilanjutkan dengan Tari dari Sanggar Kamilau Intan berkolaborasi dengan Sekolah Penggerak SMAN 1 Karang Intan, serta Dzikir Nasyid Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura yang mempresentasikan ragam kebudayaan dan keagamaan di Kabupaten Banjar.

Wapres Ma’ruf Amin sampaikan apresiasinya terhadap persiapan tuan rumah dalam melaksanakan pembukaan MTQ Nasional ke XXIX Provinsi Kalsel tahun 2022 yang bisa berjalan baik dan lancar.

“Saya optimis MTQ dapat terus dilaksanakan dalam rangka mengukuhkan silaturahim dan kebersamaan. Sehingga makin kuat dan bersinergi membangun keberagaman dan juga perekonomian bangsa serta kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju,” katanya.

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan, kedepan pelaksanaan MTQ tidak hanya menjadi acara seremonial, tetapi sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis.

“Saya mengharapkan MTQ sebagai ajang untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengaku bangga dan terhormat, Provinsi Kalsel mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional ke XXIX.  Menjadi catatan bersejarah bagi Kalsel setelah 52 tahun Kalsel menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke 3 Tahun 1970 silam.

“Bagi masyarakat dan Provinsi Kalsel kepercayaan sebagai tuan rumah ini mengandung tanggung jawab besar, dalam mensukseskan baik dari penyelenggaran maupun sukses prestasi bagi Kalsel dan tentunya bagi Indonesia,” ungkapnya.

Perhelatan MTQ Nasional ini diikuti 1.676 peserta dari 34 provinsi. Mereka akan bertanding pada 8 cabang dan 23 golongan di Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Turut hadir dalam pembukaan MTQ tersebut  Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi istri Hj Nurgita Tiyas, serta Wabub Banjar Habib Idrus Al Habsyie beserta pejabat SKPD Banjar. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *