Undang Habib Bagir Alaydrus, Ratusan Pedagang Pasar Batuah Martapura Peringati Isra Mi’raj dan Haul Ke-17 Abah Guru Sekumpul

Undang Habib Bagir Alaydrus, Ratusan Pedagang Pasar Batuah Martapura Peringati Isra Mikraj dan Haul Ke-17 Abah Guru Sekumpul

MartapuraKlik – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bauntung Batuah (PBB) menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, serta Haul ke-17 Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul), bertempat di lantai II pusat pertokoan Pasar Batuah Martapura, Rabu (9/2/2022) malam.

Tampak ratusan pedagang Pasar Batuah pun antusias menghadiri acara ini. Turut mengundang Habib Muhammad Bagir Bin Idrus Alaydrus dari Kota Jakarta dihadirkan untuk menyampaikan tausiyah kepada jamaah.

Read More

Habib Bagir mengatakan, kelebihan Guru Sekumpul hingga haulnya diperingati hingga hari ini karena semasa hidup sangat mencintai zuriat Nabi Muhammad SAW.

“Kalau orang lain mencintai atau menghormati habib mungkin karena kealimannya atau karena pangkat dan kekayaannya, maka Guru Zaini tidak. Beliau mencintai keluarga Baginda tidak memandang tingkat keilmuannya atau kekayaannya. Beliau mencintai tanpa syarat, meski zuriat Rasulullah itu bodoh atau fakir. Ini yang luar biasa. Karena ketulusannya semata-mata karena cintanya kepada Nabi Muhammad SAW, maka setelah wafatnya Allah dan Rasulullah balas dengan kemuliaan,” tuturnya saat menyampaikan tausiyah.

Karena itu menurut Habib Bagir, Haul Guru Sekumpul diperingati di mana-mana tak hanya di Kalimantan, bahkan di luar Kalimantan dan luar.

Undang Habib Bagir Alaydrus, Ratusan Pedagang Pasar Batuah Martapura Peringati Isra Mikraj dan Haul Ke-17 Abah Guru Sekumpul

Usai acara, Direktur PD PBB Banjar Rusdiansyah mejelaskan, acara ini terlaksana berkat koordinasi yang baik antar pedagang, pengelola pasar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar.

“Akhirnya peringatan Baginda Rasulullah SAW yang setiap tahunnya digelar, sekaligus memperingati Haul ke-17 Abah Guru Sekumpul dapat terlaksana,” jelasnya.

Kendati konsep pelaksanaan kegiatan keagamaan tersebut terkesan dadakan, lanjut Rusdiansyah, namun kegiatan tetap dapat terlaksana dan berjalan lancar.

“Semoga ditahun akan datang kita dapat kembali melaksanakan peringatan Isra Mi’raj, serta Haul Abah Guru Sekumpul secara terbuka dan lebih besar,” harapnya.

Di tempat sama, Habib Syekh Ba’bud sekalu Ketua Pedagang Pasar Batuah Martapura mengaku, sangat bersyukur dengan telah terlaksananya kegiatan ini.

“Abah Guru Sekumpul merupakan sosok yang sangat berjasa dalam mendidik masyarakat, khususnya warga Martapura. Banyak ilmu yang beliau ajarkan mulai dari mengajari bersalawat, salat hajat, tahajud, berbakti kepada orangtua dan lain sebagainya. Bahkan, orangnya dulunya buntat (tidak tahu diri/jagoan), setelah mendapat ilmu pengetahuan dari Abah Guru Sekumpul, akhirnya semua sadar (insyaf),” ungkapnya.

Atas semua jasa-jasa ulama kharismatik kelahiran Kota Martapura ini, Habib Syekh Ba’bud pun menilai sudah sepatutnya masyarakat memperingati masa haulnya.

“Jad, saya rasa tidak pantas kalau kita tidak melaksanakan peringatan Haul Abah Guru Sekumpul. Alhamdulillah, hari ini kita secara bersama-sama sudah dapat melaksanakan peringatan Isro dan Mi’raj, serta Haul Abah Guru Sekumpul. Bahkan, Habib Muhammad Bagir Bin Idrus Alaydrus dari Kota Jakarta pun bisa berhadir untuk menyampaikan tausiyahnya. Mudah-mudahan acara ini menjadi keberkahan bagi kita semua,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *