Turun ke Pelosok Desa, BIN Bantu Target Capaian Vaksinasi di Kabupaten Banjar Hingga 70 Persen

Turun ke Pelosok Desa, BIN Bantu Target Capaian Vaksinasi di Kabupaten Banjar Hingga 70 Persen
TURUN KE PELOSOK DESA - Guna capaian terget vaksinasi di Kabupaten Banjar, BIN Daerah Kalsel langsung terjun ke pelosok desa melaksanakan vaksinasi massal.

MartapuraKlik – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalsel terus bergerak turun ke pelosok desa di Kabupaten Banjar, guna melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengejar target capaian vaksinasi hingga 70 persen sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

Kepala BIN Daerah Kalsel Brigjen Pol Dr Heri Armanto, melalui Kabag Ops Drs Supriyono menjelaskan, BIN Daerah Kalsel menargetkan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Banjar untuk Bulan Desember 2021 ini sebanyak 5.800 dosis.

Read More

“Untuk Desember ini kita alokasikan vaksinasi sebanyak 5.800 dosis, untuk tahap pertama dan kedua,” jelasnya, saat ditemui meninjau kegiatan vaksinasi di Desa Sei Jati, Kecamatan Matraman, belum lama tadi.

Vaksinasi di Kabupaten Banjar ini, tambah Supriyono, dilaksanakan untuk mengejar rendahnya capaian vaksinasi di daerah tersebut.

“Kabupaten Banjar dipilih karena capaian vaksinasinya masih yang paling rendah di Provinsi Kalsel, di mana per 06 Desember 2021, dosis 1 baru mencapai 30.23 persen sedangkan dosis 2 sebesar 16.87 persen,” tambahnya.

Selain itu, BIN juga menyasar daerah pedalaman yang lokasinya jauh dari lokasi vaksin umum, baik puskesmas di kecamatan maupun rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Jati Muhyuni mengatakan, apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN yang telah menyelenggarakan vaksinasi di desanya karena sangat membantu warga yang terkendala jauhnya fasilitas kesehatan.

Turun ke Pelosok Desa, BIN Bantu Target Capaian Vaksinasi di Kabupaten Banjar Hingga 70 Persen

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN yang berkenan melaksanakan vaksinasi di desa kami,” katanya.

Vaksinasi yang dilaksanakan oleh BIN, adalah yang pertama kali di Desa Sungai Jati, yang juga melayani warga dari desa lain di sekitar. Di antaranya, Desa Baru, Desa Takuti serta Desa Tanah Intan.

Di hari berbeda, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar dan langsung dipantau oleh Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsiye.

“Dengan vaksinasi ini yang dilakukan ini diharapkan Kabupaten Banjar bisa mencapai target 70 persen. Saya sangat mengapresiasi kerja sama pelaksanaan vaksinasi ini,” ucap Said Idrus.

Said Idrus pun berharap, dengan tercapainya vaksinasi ini, diharapkan bisa hidup seperti sedia kala dan peningkatan ekonomi kembali meningkat.

“Vaksinasi ini merupakan dosis kedua  bagi pelajar dan masyarakat penerima vaksinasi Sinovac oleh BIN pada, 17 November 2021 lalu, di MTsN 1 Banjar Kecamatan Gambut dan MA Darul Imad Kecamatan Tatah Makmur,” jelasnya.

Kendati vaksinasi diperuntukkan penerima vaksinasi dosis kedua, namun ternyata juga terdapat peserta vaksinasi dosis pertama.

Vaksinasi di MTsN 1 Banjar dipusatkan di MTsN 1 Banjar. Total peserta vaksinasi  mencapai 922 orang terdiri 649 penerima dosis kedua dan 273 penerima dosis pertama dengan jenis vaksin Sinovac dan Pfizer.

Penerima vaksin merupakan siswa MTsN 1 Banjar, SMPN 1 Gambut, SMPN 3 Gambut, SMAN 1 Gambut serta masyarakat sekitar sekolah dan orang tua murid.
Sementara, vaksinasi di MA Darul Imad Tatah Makmur diikuti 349 siswa MA Darul Imad dan MTs Inayatul Marzuki, sebanyak 311 diantaranya merupakan penerima dosis kedua.

Perlu diketahui, BIN sebenarnya telah memulai rangkaian vaksinasi dosis kedua pada 8 Desember 2021, yaitu dosis 2 pelajar penerima vaksin pada, 17 November 2021.

Untuk jenis Pfizer yang memiliki interval waktu untuk dosis 2 lebih pendek dibanding Sinovac. BIN pada, 8 Desember 2021 memberikan dosis kedua jenis Pfizer bagi pelajar SMKN 1 Gambut, MAN 3 Banjar dan SMK Gema Kalimantan. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *