Triwulan Pertama, Penerimaan Pendapatan BBN-KB Samsat Martapura Meningkat

WAWANCARA - Kepala UPPD Samsat Martapura Zulkifli menyebutkan bahwa triwulan pertama penerimaan BBN-KB meningkat dibandingkan tahun lalu.

MartapuraKlik Penerimaan pajak untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) ditriwulan pertama (Januari-Maret 2022), meningkat hingga mencapai 30,7 persen.

Di mana target penerimaan pajaknya tiap Samsat di Kalsel, ditriwulan pertama ini sebesar 15 persen yang ditetapkan oleh Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel.

Read More

Demikian disampaikan Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Martapura Zulkifli, kepada MartapuraKlik, usai ditemui di ruang kerjanya, belum lama tadi.

“Alhamdulillah, untuk penerimaan pendapatan BBN-KB mencapai 30,7 persen atau sebesar Rp. 19.510.066.650,” ucapnya.

Adanya peningkatan tersebut, lanjut Zulkifli, disebabkan daya beli masyarakat akan kendaraan baru pada tahun ini naik, seiring menurunnya angka kasus Covid-19.

“Semoga konstan, bisa bertahan hingga akhir tahun. Tentunya penerimaan pendapatan Samsat Martapura juga turut meningkat,” katanya.

Selain BBN-KB, Zulkifli juga menyebutkan, penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) juga cukup bagus di triwulan pertama ini.

“Kalau dilihat dari target 15 persen. Penerimaan PKB mencapai 24,4 persen atau sebesar Rp. 22.841.398.050,” sebutnya.

Kendati, penerimaan PKB dan BBN-KB targetnya sudah memenuhi. Namun, untuk penerimaan Pajak Air Permukaan (PAP) ditriwulan pertama tidak tercapai.

“Penerimaan PAP hanya mencapai 6 persen saja atau sebesar Rp. 417.289.859. Hal ini dikarenakan adanya produk baru yang digalakan pada 2021 lalu,” tuturnya.

Dilain sisi, dirinya mengaku bahwa kenaikan penerimaan pendapatan pajak ini, baru dirasakan pada 2022 ini.

“Semenjak pandemi Covid-19 melanda pada 2020 lalu. Tentu hal ini berdampak sekali kepada capaian penerimaan pendapatan kami, bahkan anjlok atau target yang sudah ditentukan Bakeuda tiap Samsat tidak tercapai. Semoga kedepannya tidak terjadi lagi,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *