Tips Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Banyak Orang

ILUSTRASI - Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu tips sehat sederhana, (Sumber: pixabay)

MartapuraKlik – Ketika terserang penyakit, apalagi yang berbahaya, banyak orang harus mengeluarkan banyak uang untuk dapat kembali sehat.

Sebenarnya, banyak penyakit dapat dicegah hanya dengan menerapkan kebiasaan hidup yang bersih dan sehat, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal lho!!

Read More

Pasalnya, menjalani hidup sehat tidaklah sulit dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dengan cara apa? Mulailah kebiasaan hidup yang sehat dengan melakukan berbagai tips hidup ini.

1. Mencuci Tangan
Mencuci tangan dengan benar merupakan cara yang paling efektif dalam mencegah penyebaran kuman penyakit. Cucilah tangan dengan air bersih yang mengalir dan selalu gunakan sabun, karena mencuci tangan dengan sabun terbukti efektif mengurangi jumlah bakteri di tangan hingga 82%.

2. Menjaga Kebersihan Makanan
Makanan yang terkontaminasi dapat menjadi penyebab utama penularan penyakit. Untuk mencegah kontaminasi, kita harus mengolah makanan dengan benar.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat
Apa yang kita makan terkait dengan kesehatan tubuh. Makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang sangat penting bagi tubuh, khususnya pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Biasakan makan dengan menu beraneka ragam, dari bahan segar, dan pastinya memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

4. Mencukupi Kebutuhan Air
Tips hidup sehat selanjutnya yakni minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas per hari.

Manfaat dari itu adalah tubuh menjadi segar, otak berfungsi lebih baik, serta terhindar dari sakit kepala, sembelit, dan batu ginjal.

5. Berolahraga Teratur
Tak kalah pentingnya, banyak orang malas bergerak karena menganggap olahraga melelahkan dan membosankan.

Untuk menyiasatinya, jadikan olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan. Misalnya, bila Anda tidak suka berkeringat, pilihlah olahraga renang. Jika tidak suka olahraga berat, pilihlah yoga.

Disarankan untuk berolahraga minimal 5 kali seminggu, dengan durasi minimal 30 menit sehari.

Intinya, kunci sukses hidup sehat terletak pada konsistensi dan komitmen untuk hidup lebih baik. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *