Tingkatkan Sinergitas, BNNP Kalsel Bagikan Strategi Agar Lapas Bersih dari Penyalahgunaan Narkoba

MENYAMPAIKAN - Kepala BNNP Kalsel menyampaikan ada empat langkah dalam menekan terjadinya penyalahgunaan maupun peredaran di dalam Lapas/Rutan.

MartapuraKlik – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan, bertempat di Hotel Ebony, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (17/5/2022).

Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura (La’permata) pun turut serta menjadi peserta Rakernis tersebut. Di mana Kepala La’permata Salis Farida Fitriani mengirim tiga orang petugasnya dalam kegiatan itu, Kasi Binadik Nurul Kiptiyah, Kasi Giatja Rose Mery KD dan Kasubsi Portatib (Pelaporan dan Tata Tertib), Trie Efriliawati.

Read More

Hadir pula Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalsel Brigjend Pol Drs Jackson Lapalonga.

Kehadiran Kepala BNNP ini, merupakan wujud dari sinergitas antara Kementerian Hukum dan HAM dan BNNP Kalimantan Selatan.

HADIR – Petugas La’permata juga turut serta dalam kegiatan Rakernis Pemasyarakatan.

Selain itu, Kepala BNNP memanfaatkan kesempatan ini untuk membagikan strategi agar Lapas Bersih dari Penggunaan Narkoba.

BNN dan Kemenkumham telah bekerja sama dalam menangani narapidana pengguna narkoba agar dapat melaksanakan rehabilitasi, maupun dalam mencegah terjadinya peredaran narkoba di dalam Lapas/Rutan.

Jackson Lapalonga mengatakan, ada empat langkah dalam menekan terjadinya penyalahgunaan maupun peredaran di dalam Lapas/Rutan.

“Empat langkah itu adalah Pencegahan, Pemberantasan, Pengendalian, dan Rehabilitasi. Hal ini dapat dilaksanakan bekerja sama dengan BNN. Selain itu, pemberian hukuman disiplin kepada oknum narapidana maupun petugas pemasyarakatan yang terlibat dalam peredaran narkoba juga harus ditegakkan,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Lapas Perempuan Martapura dalam mencegah terjadinya peredaran narkoba. Juga telah bekerja sama dengan BNN Kota Banjarbaru, dengan menandatangani Nota Kesepahaman.

Selama ini, sambung Trie Efriliawati, La’permata bekerja sama BNN Banjarbaru telah menyelenggarakan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan tes urin narapidana maupun pegawai.

“Kami harap kerja sama ini berjalan secara berkelanjutan, seiring dengan bulatnya tekat sinergitas antara Kanwil Kementerian Hukum dan HAM dan BNNP Kasel,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *