Tingkatkan Nilai Ekonomi Gulma, Dosen ULM Ajak Petani HSU Membuat Pupuk Organik Pelet

Martapuraklik – Inovasi pertanian lahan basah yang ramah lingkungan, menjadi salah satu fokus pengabdian masyarakat para dosen Fakultas Pertanian ULM. Penggunaan pupuk organik menjadi altenatif dalam mengurangi penggunaan pupuk kimia yang mencemari lingkungan. Pupuk organik berbahan gulma, selain ramah lingkungan, tentu membantu mengurangi populasi gulma yang menganggu pertanian.

Berlandaskan hal di atas, Bambang Joko Priatmadi dan tim pengabdian masyarakat, memberikan pelatihan pada 15 anggota Kelompok Tani Mayang Sari, Desa Teluk Sinar Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Beberapa jenis gulma seperti eceng gondok, kayu apu, dan kiambang diolah menjadi pupuk dalam bentuk pelet sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa menurunkan nutrisinya. Penyimpanan tersebut sangat bermanfaat karena gulma air tidak selalu tersedia atau sifatnya musiman.

Read More

Petani bersemangat mengikuti praktik membuat pupuk pelet dan menyimak penjelasan para dosen dengan baik. Mahasiswa ikut terlibat dalam kegiatan ini dengan langsung mendampingi petani dalam mengolah gulma menjadi pupuk. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh Kepala Desa dengan hadir membuka acara.

“Pelatihan pembuatan pupuk pelet ini tidak hanya menambah keterampilan petani, tetapi menjadi ide usaha bagi petani, jika mereka mampu menjualnya” ujar Ronny Mulyawan, salah satu anggota tim pengabdian (29/10/2022). Hal ini tentu dapat meningkatkan nilai ekonomi gulma sekaligus mendukung ekonomi sirkular, yang memegang prinsip memanfaatkan sumber daya semaksimal mungkin dan meminimalisir dampak bagi lingkungan. Selain itu, penggunaan pupuk organik merupakan langkah penting menuju pertanian berkelanjutan.

Tim pengabdian memberikan alat penggiling adonan pupuk yang disambut sangat baik oleh para petani. Pemberian alat ini diharapkan mampu memotivasi petani untuk terus melanjutkan pembuatan pupuk pelet. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dibiayai oleh ULM sebagai bentuk komitmen ULM dalam mendukung kemajuan pertanian berkelanjutan di lahan basah.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *