Tingkatkan Kualitas Air Bersih, Pengurasan Reservoir IPA Manarap Dikerjakan Selama 9 Jam

FOTO - Kantor Pusat PTAM Intan Banjar, Banjarbaru, Kalsel.

MartapuraKlik –  PT. Air Minum (PTAM) Intan Banjar (Perseroda) memastikan, proses pembersihan Water Treatment Plant (WTP) dan pengurasan Reservoir IPA (Instalasi Pengelolaan Air) Manarap akan memakan waktu selama 9 jam.

Selama proses pengerjaan yang dimulai pada Rabu (21/2/2024) ini. Pendistribusian air bersih dibeberapa wilayah, yakni Manarap Lama, Manarap Baru, Manarap Tengah, Handil Asang, Handil Barabai, Handil Jambu dan sekitarnya, akan terganggu untuk sementara waktu.

Read More

Direktur Utama PTAM Intan Banjar Syaiful Anwar, melalui Mahyuni selaku Humasnya mengatakan, pengerjaan ini dilakukan untuk mengoptimalkan produksi dan peningkatan kualitas air bersih.

“Ini harus kita lakukan untuk optimalisasi pelayanan agar debit air dan kualitas air bersih di sana meningkat,” kata Mahyuni, Rabu (21/2/2024).

Ia menjelaskan, kapasitas WTP yang dibersihkan ini ada 2 unit. Masing-masing mempunyai debit air yang dapat diproduksi sekitar 50 liter per detik dan 20 liter per detik.

“Totalnya 70 liter per detik. Sementara, kapasitas reservoir atau penampungan yang dikuras untuk dibersihkan kurang lebih 200 meter kubik (pangkat 3),” jelasnya.

Terkait proses pembersihannya yang dikerjakan selama 9 jam ini, lanjut Mahyuni, dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 Wita.

“Mudah-mudahan selesainya lebih awal, sehingga dampak gangguan pendistribusian air bersih juga cepat teratasi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, setelah pembersihan WTP dan reservoir IPA Manarap selesai dikerjakan. Pendistribusian air bersih dibeberapa wilayah di Kecamatan Kertak Hanyar dengan jumlah 14.500 pelanggan yang terdampak, dipastikan kembali berjalan normal sesuai estimasi waktu yang telah ditetapkan.

“Namun, untuk beberapa lokasi yang berada paling ujung di Jalan Ahmad Yani Kilometer 10. Untuk estimasi pendistribusian air hingga normalnya bervariasi, bisa 4 jam setelah pengerjaan atau satu hari,” ungkapnya.

Dilain sisi, ia memastikan bahwa pengerjaan pembersihan WTP dan pengurasan reservoir IPA Manarap, tidak berdampak ke wilayah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

“Yang kita kuras itu hanya wilayah di Kertak Hanyar saja. Jadi, mulai Kilometer 8 hingga Kilometer 10 dari kiri dan kanan jalan itu, merupakan pelanggan PTAM Intan Banjar cabang II (dua) Kertak Hanyar,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *