Tingkatkan Keterampilan Andikpas, LPKA Kelas I Martapura Laksanakan Pelatihan Pangkas Rambut

Tingkatkan Keterampilan Andikpas, LPKA Kelas I Martapura Laksanakan Pelatihan Pangkas Rambut

MartapuraKlik – Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Kalsel mendapatkan pembinaan kemandirian berupa keterampilan pangkas rambut (Barber).

Kegiatan pelatihan berlangsung selama 12 hari, dimulai Senin (21/2/2022) tadi, bertempat di Gedung Aula Serbaguna Dr. Sahardjo, SH. LPKA Kelas I Martapura.

Read More

Kepala LPKA Kelas I Martapura Rudi Sarjono mengatakan, hari pertama Andikpas melaksanakan pelatihan keterampilan potong rambut. Dalam kegiatan ini, LPKA Kelas I Martapura mendatangkan dua orang tenaga professional dalam bidang rambut (Barber) yaitu, M. Hasani dan Yulia Wulandari.

“Sehingga Andikpas dapat langsung belajar tentang teknik memangkas rambut yang baik dan benar,” katanya, Kamis (24/2/2022).

Ia menuturkan, kegiatan pembinaan kemandirian seperti ini merupakan wadah yang diberikan untuk Andikpas sebagai bekal ketika melepas masa pidana nanti.

“Salah satu tugas pokok LPKA adalah pembinaan Andikpas. Sehingga kita berupaya memberikan program pembinaan kemandirian yang dapat meningkatkan keterampilan atau skill mereka,” tutur Rudi Sarjono.

Pelatihan keterampilan bagi Andikpas ini, lanjut Rudi Sarjono, guna memberi bekal untuk membentuk insan yang mempunyai keahlian khusus sesuai minat.

“Diharapkan akan memberikan banyak manfaat bagi semua Andikpas untuk kehidupan mereka kedepannya,” harapnya.

Sementara itu, M Hasani selaku instruktur pangkas rambut mengungkapkan, peserta pelatihan Andikpas LPKA Kelas I Martapura sangat senang dan antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

“Memperhatikan dengan baik materi yang diberikan dan tanya jawab seputar materi pangkas rambut yang belum dipahami,” ungkapnya.

Dalam pelatihan ini, Andikpas diberikan kesempatan untuk praktik memangkas rambut, dengan pendampingan dari instruktur mereka. Mulai menerapkan apa yang telah dijelaskan sebelumnya.

“Perlahan tapi pasti mereka mulai memotong rambut temannya seolah – olah menjadi Kepster handal yang sedang melayani pelanggan di barbershop,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *