Tingkatkan Keandalan Sistem Jelang Musim Hujan! PLN Gelar Bakti PDKB

MELEPAS - General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin, melepas personel Bakti PDKB menuju lokasi pekerjaan.

MartapuraKlik – PT PLN (Persero) Unit Induk Disitribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan tengah gelar Bakti Pekerjaan Dalam Keadaaan Bertegangan (PDKB) series V khusus untuk zona I kota Banjarmasin.

Kegiatan ini diawali dengan Apel Siaga, bertempat di halaman Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banjarmasin, Senin 20 November 2023.

Read More

Kegiatan bakti karya PDKB ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi PLN dan pemerintah Kota Banjarmasin sebagai upaya mitigasi terhadap perubahan cuaca dan dampak fenomena la nina, serta sebagai upaya peningkatan keandalan dan peningkatan kualitas pelayanan menghadapi Siaga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, khususnya di wilayah kerja UP3 Banjarmasin.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin mengatakan, kegiatan bakti PDKB tersebut bertujuan sebagai langkah preventif dalam menghadapi musim hujan yang akan segera tiba, sehingga keandalan sistem kelistrikan tetap terjaga walaupun dalam musim hujan.

“PLN berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dalam kondisi apapun termasuk dalam kondisi musim hujan. Salah satunya melalui pekerjaan bakti PDKB hari ini,” kata Joharifin.

Dengan menerjunkan 7 tim PDKB dengan total 57 personel yang akan melaksanakan 252 titik work order di 5 Unit Layanan Pelanggan (ULP), yakni ULP Lambung Mangkurat, ULP Ahmad Yani, ULP Banjarbaru, ULP Martapura dan ULP Pelahari, diharapkan kegiatan ini dapat menurunkan padam akibat gangguan sebesar 1,2 Giga Watt hour (GWh) atau senilai Rp.1,4 miliar.

Kegiatan yang berlangsung sejak 20 hingga 23 November 2023 bertema “Semangat PDKB Wujudkan Zero Gangguan Zona 1” yang berfokus pada Kota Banjarmasin, Kalsel.

“Banjarmasin ini merupakan salah satu daerah yang memiliki pelanggan terbesar di Kalselteng, yakni terdapat 756.771 pelanggan dengan daya tersambung sebesar 1.207.858 Volt Ampere (VA) dengan pendapatan sebesar Rp.1,949 miliar,” ucapnya.

“Sehingga upaya penurunan gangguan zona 1 melalui kegiatan PDKB ini dapat berkontribusi terhadap upaya peningkatan ekonomi publik di Kota Banjarmasin,” lanjut Joharifin.

Joharifin mengapresiasi kontribusi dan support pemerintah Kota Banjarmasin dalam terlaksananya kegiatan bakti PKDB seri V di Banjarmasin ini.

“Kami ucapkan terima kasih atas kolaborasi yang harmonis ini, semoga apa yang telah PLN upayakan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat sehinga Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga naik, yang tentunya akan dimanfaatkan kembali oleh pemerintah dalam pembangunan daerah tersebut,” ujarnya.

Joharifin juga menekankan kepada seluruh tim yang bekerja agar selalu mengutamakan keselamatan kerja dengan mentaati Standard Operating Procedure (SOP) dan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap.

“Lakukan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan kembali pulang dalam kondisi “One Piece” artinya Lengkap, Sehat dan Selamat, demi keluarga di rumah, sebab Tidak Ada Yang Lebih Penting Dari Jiwa Manusia,” tutur Joharifin.

SIMBOLIS – Pemakaian alat APD oleh General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin, kepada personel PDKB.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin yang diwakili oleh Assisten Administrasi Umum Bapak Ir. H. M. Makhmud, mengapresiasi kegiatan bakti PDKB series V di Kota Banjarmasin ini.

“Melalui kesempatan ini kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada PT PLN (Persero), yang selama ini telah berdedikasi tinggi dalam menjaga dan memelihara kestabilan jaringan distribusi listrik di wilayah kita,” jelas Makhmud.

Ia merasa sangat bangga melihat langsung Tim PDKB PLN UID Kalselteng dalam kegiatan apel tersebut.

Menurutnya, melalui tangan-tangan terampil dan dedikasi penuh semangat para personel PDKB, PLN terus berkomitmen menjaga ketersediaan listrik yang andal bagi masyarakat. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *