Tim Gabungan Berhasil Amankan Lima Orang Diduga Penambang Emas Ilegal

MENGAMANKAN - Petugas gabungan amankan lima warga yang diduga penambang emas ilegal.

MartapuraKlik – Lima orang warga berhasil diamankan jajaran Polsek Aranio dan personel Unit Krimsus Polres Banjar serta Dinas Kehutanan Kalsel.

Kelima orang tersebut diduga melakukan aktifitas atau kegiatan penambangan emas ilegal di kawasan Tahura Sultan Adam, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Read More

Lebih tepatnya di lokasi Munggu Ayunan berada di daerah Sungai Luar Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Kapolsek Aranio IPDA Cucu Ariawan, melalui Kasi Humas Polres Banjar AKP Suwarji mengatakan, kegiatan Penertiban tentang penambangan emas secara ilegal di dalam kawasan Tahura Sultan Adam.

“Dari hasil penertiban, ditemukan bekas kegiatan penambangan emas oleh warga yang di lakukan secara manual dengan mengambil batu dari lubang bekas galian,” AKP Suwarji, Selasa (5/12/2023).

Selain itu, pihaknya juga ditemukan tenda yang terbuat dari terpal dalam keadaan kosong dan dilakukan tindakan pelepasan semua terpal, serta tenda darurat di sekitar lokasi penambangan.

“Didapati juga lima orang warga yang diduga mencari batu bahan emas di sekitar lokasi,” jelasnya.

Selain mengamankan lima orang tersebut, lanjut AKP Suwarji, pihaknya juga mengamankan barang-barang berupa 7 unit mesin Alkon, 1 unit mesin genset, 12 sekop, 1 cangkul, 3 roll selang air, 2 blower angin dan 20 terpal.

“Kelima warga tersebut dibawa oleh tim gabungan ke pos wisata Tahura Sultan Adam, untuk selanjutnya dibawa ke kantor Dishut Kalsel untuk pemeriksaan lebih lanjut,” bebernya.

“Petugas pun melakukan imbauan dan pendekatan persuasif kepada warga yang ada di sekitar lokasi untuk tidak lagi melakukan kegiatan penambangan emas di kawasan Tahura Sultan Adam, Kecamatan Aranio,” imbaunya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *