Tidak Mengikuti Vaksinasi, Guru Dilarang Masuk Mengajar

Tidak Mengikuti Vaksinasi, Guru Dilarang Masuk Mengajar
WAWANCARA - Plt Kepala Disdik Banjar Liana Penny memberikan keterangan kepada awk media, terkait sanksi kepada guru yang tidak mengikuti suntik vaksin.

MartapuraKlik – Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, di sekolah Kabupaten Banjar sendiri sudah berjalan mulai 30 Agustus 2021 lalu.

Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar mengeluarkan instruksi vaksinasi Covid-19 bagi seluruh guru atau pengajar dan kepala sekolah.

Read More

Kendati seluruh guru di Kabupaten Banjar diwajibkan untuk vaksinasi. Disamping itu, pemerintah secara tegas memberikan sanksi apabila ada guru yang tidak mau mengikuti vaksinasi.

Demikian disampaikan Plt Kepala Disdik Banjar Liana Penny, kepada MartapuraKlik bersama dua awak media lainnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/9/2021) siang.

“ Guru yang tidak mau untuk disuntik vaksin, dengan alasan tertentu. Seperti takut disuntik atau sengaja mengabaikannya, akan diberikan sanski berupa dilarang masuk untuk mengajar,” tegasnya.

Liana menjelaskan, kegunaan vaksinasi tersebut selain untuk membentuk kekebalan dalam tubuh kita sendiri. “Juga bertujuan agar para pelajar dan orangtua wali murid merasa aman, ketika kegiatan PTM terbatas ini terlaksana,” jelasnya.

Namun, lebih jauh dikatakan Kepala Disdik Banjar, ada pengecualian kepada guru yang tidak disuntik vaksin. Seperti memiliki penyakit bawaan atau penyakit tertentu.

“ Kalau mempunyai riwayat penyakit bawaan dan tidak bisa disuntik vaksin, harus menyertakan keterangan hasil pemeriksaan dari dokter,” ucapnya.

Perlu diketahui, cakupan vaksinasi untuk guru atau pengajar di Kabupaten Banjar sudah mulai tinggi. Terdata, dari 9 September 2021, dari 5.000 guru ada sekitar 2 sampai 3 persen yang masih belum di vaksin.

“ Sebanyak 5.000 guru, di antaranya pengajar di tingkat TK, SD dan SMP di bawah naungan Disdik Kabupaten Banjar,” sebutnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *