Tidak Ada Penindakan, Polres Banjar Catat Hanya Ada 800 Teguran dan Satu Laka Lantas

TEGURAN - Saat Operasi Zebra Intan Polres Banjar berlangsung, sebanyak 800 pengendara diberikan teguran saat berpatroli.

MartapuraKlik – Selama Operasi Zebra Intan berlangsung di Kabupaten Banjar mulai tanggal 3 hingga 16 Oktober 2022, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banjar mencatat hasil pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) menurun dibandingkan 2021 lalu.

Hal ini diungkapkan Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso, melalui Iptu Eko Guntar selaku Kasat Lantas Polres Banjar, kepada MartapuraKlik, Selasa (25/10/2022) sore.

Read More

Iptu Eko membeberkan, operasi yang terlaksana selama 13 hari ini dilaksanakan oleh anggotanya dengan mengedepankan tindakan preventif dan preemtif ketimbang penindakan. Sehingga kasus pelanggaran nihil.

“Untuk kegiatan lebih banyak dilakukan teguran saja, tidak ada tilang. Dibandingkan 2021, angka laka lantas tercatat 49 kasus, sementara 2022 menurun. Tercatat, sebanyak 800 pengendara yang diberikan teguran dan satu laka lantas,” bebernya.

Menurutnya, teguran tersebut diberikan saat pihak kepolisian tengah melakukan patroli dan mendapati pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

“Pelanggarannya sendiri memang variatif, mulai dari melanggar rambu lalu lintas, tidak mengenakan helm, berboncengan lebih dari satu orang hingga kurangnya kelengkapan surat kendaraan bermotor,” katanya, saat didampingi Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Lantas Polres Banjar Ipda Tri WS.

Kasat Lantas Polres Banjar pun mengimbau, kepada masyarakat atau pengendara agar tetap menaati peraturan dalam berlalu lintas. Pihak Polres Banjar dalam arahan Korlantas Polri juga menegaskan tidak ada penindakan secara manual.

“Serta selalu membiasakan, untuk terus mematuhi aturan lalu lintas dalam berkendara, termasuk kelengkapannya. Hal ini bertujuan agar menekan angka laka lantas khususnya di Kabupaten Banjar,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *