Terima Bantuan 700 Bibit Pohon Tanjung, DPRKPLH Banjar: Kita Salurkan Kepada Pihak Ketiga

BIBIT POHON - DPRKPLH Kabupaten Banjar terima bantuan 700 bibit pohon tanjung dari PUPRP.

MartapuraKlik – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menerima bantuan sebanyak 700 bibit pohon tanjung dari pihak PUPRP Kabupaten Banjar.

Khaezar Kusuma selaku Kepala Seksi (Kasi) Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan (KSDAPL) DPRKLH Banjar mengatakan, rencananya pohon tanjung ini akan ditanam disepanjang ruas Jalan Ahmad Yani, menggantikan pohon trembesi dan ketapang.

Read More

“Untuk melakukan penebangan atau penyulaman tersebut diperlukan peralatan, jadi pengerjaannya harus dipihak ketigakan,” kata Khaezar, Senin (27/11/2023).

Terkait usulan penanaman tersebut, lanjut Khaezar, pihaknya sudah mengirimkan laporannya kepada Tim Anggaran, Bapedda Litbang dan Bagian Umum Setda Banjar.

“Saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai usulan penanaman pohon tanjung disepanjang Jalan Ahmad Yani ini. Kemungkinan tidak disetujui, karena sudah tutup anggaran dan ada yang lebih diprioritaskan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dipilihnya sulam pohon trembesi dengan pohon tanjung ini, dikarenakan akar pohonnya tidak merusak bangunan jalan disekitarnya dan tidak rimbun ke jalan.

Ia berharap, agar secepatnya Kabupaten Banjar melakukan penyulaman terhadap pohon trembesi yang diduga dapat membahayakan pengguna jalan yang melintas.

“Untuk anggaran penebangan pohon tersebut diperkirakan sekitar Rp.5 juta per pohon, itu tergantung dari besaran pohonnya yang ditebang. Kalau ukuran pohonnya kecil kurang dari segitu anggarannya,” sebutnya.

Sementara belum terealisasikan, tambah Khaezar, agar lebih bermanfaat dan tidak dibiarkan begitu saja, bibit pohon tanjung ini dirinya salurkan ke pihak ketiga.

“Seperti program penanaman hijau dari pihak Polres Banjar. Bibit pohon tanjung ini juga kita salurkan kepada pihak yang memerlukannya,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *