Terapkan Cara Sederhana Pilah Sampah dari Rumah, DisperkimLH Jelaskan Ini

WAWANCARA - Achmad Norsailah selaku Kabid PSLB3 DisperkimLH menjelaskan, bagaimana cara sederhana pilah sampah dari rumah.

MartapuraKlik – Setiap masyarakat diharapkan mempunyai tanggung jawab untuk sadar dan berbuat sesuatu untuk lingkungannya, salah satunya memilah sampah.

Cara memilah sampah paling sederhana bisa memulainya dari rumah, terutama kepada ibu-ibu rumah tangga.

Read More

Perihal ini disampaikan Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PerkimLH) Mursal, melalui Achmad Norsailah Kabid Pengelolaan Sampah Limbah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3), saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/6/2022).

“Cukup dua cara pilah sampah sederhana yang perlu kita terapkan di rumah yakni, pilah lah sampah basah (organik) dan kering (anorganik),” katanya, kepada MartapuraKlik.

Achmad Norsaila menjelaskan, manfaatnya pilah sampah anorganik ini, bernilai ekonomis yang tentunya bisa dijual ke Bank Sampah atau ke Tukang Loak.,

“Sedangkan untuk sampah organik, bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos untuk tanaman. Seperti bekas sisa makanan dan sayur-sayuran,” tuturnya.

Dirinya berharap, agar masyarakat khususnya di Kabupaten Banjar bisa menerapkan cara tersebut di rumah.

“Kalau hal ini bisa diterapkan mulai dasarnya terlebih dahulu. Tentunya timbunan sampah yang ada di Kabupaten Banjar akan berkurang,” ungkapnya.

Disamping itu, dapat memperpanjang umur Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang belokiasi di Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *