Tanam Ribuan Bibit Produktif Bernilai Ekonomis di 8 Desa Proklim

DISERAHKAN - Bibit diserahkan secara simbolis oleh Management UT Group kepada Bupati Banjar kemudian diserahkan kembali ke 8 Desa Proklim Kabupaten Banjar.

MartapuraKlik – Guna peringatan Hari Habitat Internasional, Bupati Banjar Saidi Mansyur, berkolaborasi dengan United Tractor Group untuk tanam bibit pohon bersama, di Bukit Bandangan, Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kamis (6/10/2022).

Dalam Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Banjar tersebut, bibit diserahkan secara simbolis oleh Management UT Group kepada Bupati Banjar kemudian di serahkan kembali ke 8 Desa Proklim Kabupaten Banjar.

Read More

8 Desa Proklim yang mendapat bibit tanaman yaitu Desa Padang Panjang, Kiram, Jingah Habang Ulu, Penyambaran, Sungai Landas, Sungai Rangas Tengah, Jawa Laut dan Desa Mandikapau Barat.

Bupati Banjar menyampaikan, terima kasihnya kepada Management United Tractor Group yang telah menyediakan 3.224 bibit produktif bernilai ekonomis.

“Rasa kebersamaan ini tentu akan terus kita tanam, bukan hanya tentang kita menanam tetapi rasa kebersamaan yang kita tanam sehingga apapun program yang akan kita jalankan bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Selain itu, program ini selaras dengan program Pemerintah Provinsi Kalsel sebagai bentuk sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dengan Pemprov bahkan juga nanti akan berdampak pada pemerintah desa diluar dari desa proklim.

“Saya berharap desa proklim sukses, program berjalan dengan lancar dengan prinsipnya bisa berdampak positif bukan hanya bagi pemerintah desa tetapi juga masyarakat luas,” imbuhnya.

Sementara, Management United Tractor Group Adhytia Pratomo Saputro mengungkapkan, penanaman pohon sangat berperan penting bagi ekosistem lingkungan. Penanaman ini merupakan lanjutan dari total target 50 ribu penanaman pohon yang dicanangkan oleh UT Group tahun ini.

“Penanaman tersebut juga dalam rangka memperingati HUT United Tractor Group ke-50,” ucapnya.

Ia juga sampaikan terima kasih kepada pihak yang mendukung terlaksananya program ini, selain kepada Pemkab Banjar dan masyarakat di 8 desa proklim juga kepada seluruh pengusaha UT Group yang telah berkontribusi, seperti Bina Pertiwi, Patria, Patria Maritim Perkasa, Patria Maritim Lines dan Traktor Nusantara.

Adhytia berharap, kegiatan ini terus berjalan secara berkesinambungan serta kolaborasi yang ada bisa terus berjalan demi mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

“Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” harapnya.

Terpisah, Kepala DPRKPLH Banjar Mursal menambahkan, tujuan penanaman untuk memberikan kesadaran serta kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon bagi mahluk hidup, menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup, memperbaiki kondisi habitat tempat tinggal dan menekan dampak perubahan iklim untuk meningkatkan nilai indeks kualitas lahan.

3.224 jenis bibit tanaman yang ditanam terdiri dari rambutan, durian, nangka, sirsak, sawo kecik, alpukat, lengkeng, jambu kristal, manggis, duku, mangga, petai dan kenanga. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *