Tak Kenal Lelah Penuhi Komitmen Dukung Kelistrikan IKN, PLN UIP KLT Berhasil Energize Extention 1 Line Bay GI 150 kV Kariangau Arah IKN

Martapuraklik – Komitmen PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) untuk penyediaan infrastruktur kelistrikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan konsep smart, green and beautiful satu per satu mulai menjadi nyata. Dimana pada Kamis (04/04) lalu melalui PLN Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 1 (PLN UPP KLT 1) sebagai direksi pekerjaan berhasil melakukan serangkaian Energize atau pemberian tegangan pertama pada proyek Extention 1 Line Bay Gardu Induk 150 kV Karingau arah IKN dengan aman dan lancar.

General Manager PLN UIP KLT, Raja Muda Siregar menjelaskan bahwa Energize pada 1 line bay ini dapat dilakukan dan berhasil tanpa mengganggu sistem distribusi eksisting. Serta proyek Extention GI 150 kV Kariangau arah IKN merupakan gerbang utama yang nantinya mendistribusikan listrik untuk menunjang IKN Nusantara agar berjalan dengan prima dan andal.

Read More

“Proyek ini masih dalam tahap penyelesaian, dimana 1 line bay lagi rencana akan dilakukan energize pada bulan Mei. Ini merupakan sebuah milestone yang sangat penting, dimana masa kerja untuk proyek ini adalah satu tahun ini dan berhasil diselesaikan. Ini merupakan bukti nyata komitmen PLN dalam mendukung penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan untuk IKN,” tambah Raja.

Sementara dalam masa penyelesaian, nantinya distribusi listrik dari GI 150kV Kariangau ini akan terhubung dengan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Kariangau – Landing Point yang saat ini progresnya mencapai 90,54%.

Raja juga turut menjelaskan progres proyek kelistrikan IKN lainnya, seperti GIS 4 IKN kini mencapai 80,47% dan SKTT Landing Point – GIS 4 IKN telah mencapai 59,02%. Seluruhnya dalam masa percepatan penyelesaian agar dapat segera dioperasikan, karena di rencanakan Upacara Kemerdekaan HUT RI ke 79 yang di pimpin oleh Presiden akan di laksanakan IKN Nusantara.

“Seluruh proyek khusus IKN ini dilaksanakan dengan sangat baik, setiap minggu tim melakukan check point, hal ini bertujuan untuk memitigasi risiko ataupun kendala dalam pelaksanaan proyek. Tak kenal lelah, demi tuntaskan amanah penyediaan infrastruktur kelistrikan yang andal dan prima,” tambah Raja.

Raja juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder terlibat, dimana setiap keberhasilan yang dicapai oleh PLN UIP KLT tidak lepas dari dukungan para stakeholder, mulai dari sisi Pengusahaan yaitu PLN UID Kaltimra dan PLN UIP3B Kalimantan, Otorita IKN, Pemerintah Setempat, Forkopimda hingga Forkopimcam serta Aparat Penegak Hukum yang seluruhnya mendukung, mengawasi dan memantau progres penyelesaian infrastruktur ketenagalistrikan untuk IKN Nusantara yang dilakukan oleh PLN UIP KLT, sehingga pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *