Sukses Budidaya Terong, Lapas Narkotika Ciptakan Warga Binaan Produktif dan Mandiri

PENEN - Kapalas Karang Intan Wahyu Susetyo bersama petugas dan Warga Binaan, tengah memanen terong.

MartapuraKlik – Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kanwil Kemenkumham Kalsel panen terong ungu pada lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE).

Kalapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo mengatakan, terong ungu ini, ditanam oleh Warga Binaan yang tergabung dalam program kemandirian di bawah Seksi Kegiatan Kerja (Giatja), Jumat (18/11/2022).

Read More

“Warga Binaan memiliki potensi di bidang perkebunan, dan itu semua diberdayakan dalam program kemandirian perkebunan. Lahan-lahan kosong dimanfaatkan dengan baik, digarap dan dikelola sehingga hari ini kita bisa laksanakan panen terong ungu,” katanya, saat awali panen di area SAE.

Ia menambahkan, budidaya tanaman cepat panen seperti terong, kacang, sawi dan bayam, juga dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan mencukupi kebutuhan Warga Binaan yang ada di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Suksesnya budidaya terong ungu ini, tidak lepas dari keuletan dan kesabaran Warga Binaan, juga peran aktif petugas dalam melakukan pendampingan,” ungkapnya.

Hasil panen ini, lebih jauh dipaparkan Wahyu Susetyo, nantinya akan masuk ke dapur Lapas, untuk diolah menjadi masakan yang bisa dinikmati warga binaan.

“Senang, hasil kerja keras lebih dari satu bulan ini berbuah manis, menghasilkan panen melimpah. Selanjutnya kami akan kembali menyiapkan lahan untuk tanaman sayur lainnya seperti kangkung dan sawi,” ucap salah seorang Warga Binaan program perkebunan.

Berbagai pembinaan kemandirian diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan, dengan harapan mampu menciptakan warga binaan yang produktif dan mandiri setelah bebas nanti. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *