Sosialisasikan IBB Kepada Aparat Desa, Syahrialludin: Agar Tidak Ada Permainan Keuangan

Sosialisasikan IBB Kepada Aparat Desa, Syahrialludin Agar Tidak Ada Permainan Keuangan

MartapuraKlik – Perkembangan teknologi memberikan kemudahan terhadap layanan transaksi di masa kini.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar memberikan fasilitas dalam peningkatan pengeloaan keuangan desa di Kabupaten Banjar.

Read More

Kepala Dinas PMD Banjar Syahrialludin mengatakan, dalam hal ini pihaknya menjalin kerja sama dengan Bank Kalsel, untuk mengamankan pengelolaan keuangan desa, kepala desa dan perangkat desa terhadap kekeliruan atau penyimpangan.

“Untuk itu, kita sosialisasi pemberian materi mengenai Layanan Internet Bisnis Banking (IBB) kepada aparat desa. Ini merupakan digitalisasi dalam pengelolaan dana desa yang berfungsi dapat meminimalisir permainan keuangan,” katanya, Rabu (9/3/2022).

Selain itu, lanjut Syahrialludin, laporan keuangan desa juga menjadi lebih mudah dilampirkan saat diperlukan oleh pihak berwenang seperti KPK dan Kedinasan.

”Sistem transfer aplikasi keuangan IBB untuk pengelolaan keuangan ini, tidak lagi secara langsung kasir ke kasir, tetapi lewat aplikasi. Tidak bersentuhan dengan uang, untuk menghindari terjadinya permainan keuangan,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan, kepala desa bahwa Pengelolaan Keuangan Desa dijadikan sasaran oleh KPK. Setelah Tata Kelola Dana Desa Kabupaten Banjar MCV KPK 2021 mendapat nilai 100.

“Tahun 2022 ini mendapat beban lebih yaitu Tata Kelola Aset Desa di 277 desa se Kabupaten Banjar,” tuturnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *