Sosialisasi Pengelolaan Sampah Di Beruntung Baru Rambah Emak Emak

Martapuraklik – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah dengan tema “Ayo Menabung Sampah ke Bank Sampah”, di Gedung Serbaguna, Kecamatan Beruntung Baru, Senin (23/10/2023) siang.

 

Read More

Narasuber kegiatan Ketua TP PKK Banjar Hj Nurgita Tiyas mengatakan, sosialisasi ini menyasar melalui ketahanan keluarga yaitu pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan TP PKK. Ia menetapkan para ibu menjadi sasaran karena perannya sebagai ibu rumah tangga dapat memilah sampah tersebut menjadi penghasilan tambahan keluarga.

“Hal-hal yang bersifat teknis nanti dari rekan DPRKPLH yang akan mengedukasi masyarakat, dengan mengumpulkan sampah di UPT terdekat agar kiranya sampah yang dianggap tidak bermanfaat bisa dimanfaatkan kembali,” ujarnya.

 

Gita berharap melalui pemerintah daerah baik eksekutif maupun legislatif bisa memberdayakan kembali program-program yang bersentuhan dengan masyarakat terutama terkait fasilitas pengangkut sampah.

” Wilayah yang cukup luas dan jarak dari desa ke desa lainnya cukup jauh sehingga mengharuskan regulasinya bukan hanya mengharapkan dari dana APBD tetapi juga dapat mengupayakan dari dana masing-masing desa,” jelasnya.

 

Kepala DPRKPLH Banjar Mursal menyampaikan, persoalan sampah sampai saat ini masih menjadi masalah bagi pemerintah dan masyarakat. Dikarenakan peningkatan volume sampah tidak sebanding dengan ketersediaan sarana dan prasarana. Seiring bertambahnya penduduk volume sampah akan terus bertambah. Sementara terkait sarana dan prasarana Bupati Banjar didalam RPJMD 2021-2026 memprogramkan pembangunan 100 unit TPS di berbagai kecamatan.

” Untuk itu para camat dan pambakal agar bisa mendukung program tersebut sehingga pembangunan TPS bisa cepat tercapai,” tambahnya.

 

Sementara Camat Beruntung Baru Wahidin Noor mengungkapkan, sesuai sosialisasi yang disampaikan, agar tiap kecamatan ada tempat pengelolaan sampah terpadu. Dirinya mengaku siap mendukung dan akan menindaklanjuti program tersebut dengan mensosialisasikan kepada desa-desa yang ada.

” Insyaallah awal tahun akan kita sosialisasikan kepada masyarakat dan tentu akan merambah ke sekolah-sekolah di Kecamatan Beruntung Baru untuk mengajak generasi penerus bangsa memilah sampah dari rumah dan dapat menabungnya,” tutupnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *