Simak Perbedaan Antara SIM C, C1 dan C2, Berikut Penjelasan Polres Banjar

TALK SHOW - Radio Suara Banjar, saat menggelar talk show Halo Polisi bersama Kasat Lantas Polres Banjar AKP Risda Idfira didampingi anggotanya.

MartapuraKlik – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah melakukan perubahan atau penjabaran jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan tiga klasifikasi, yakni SIM C biasa, C1 dan C2. Namun sampai sejauh ini hanya diterapkan di kota-kota besar, seperti Jakarta, sementara Kabupaten Banjar akan menyusul.

Perihal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Banjar AKP Risda Idfira, didampingi PS Kanit Kamsel AIPTU Taufik Danar, saat gelaran talk show Halo Polisi di Radio Suara Banjar, Kemarin (20/6/2024).

Read More

AKP Risda menjelaskan, SIM C biasa untuk pengendara motor berkapasitas maksimal 250cc (cubical centimeter), SIM C1 untuk 250cc hingga 500cc.

“Sedangkan untuk SIM C2 di atas 500cc. Ini diperuntukkan bagi motor gede (Moge) dan sebagainya,” kata AKP Risda.

Sejauh ini, lanjut AKP Risda, pelayanan untuk pembuatan SIM C1 dan C2 khususnya di Kabupaten Banjar, masih belum dilakukan oleh Satlantas Polres Banjar karena masih dikaji.

“Masih dikaji Korlantas. Kalau sarana dan prasarananya memungkinkan dan sudah memiliki test drive, bisa langsung diterapkan. Tinggal menunggu arahan pimpinan” ujarnya.

Sementara, PS Kanit Kamsel AIPTU Taufik Danar menambahkan, penjabaran SIM C tersebut salah satu tujuannya adalah mengurangi angka lakalantas, karena erat kaitannya dengan skill atau kontrol kendali yang dimiliki oleh pengendara. Lantaran tiap motor kapasitas mesinnya berbeda-beda, baik berbeda berat, tingkat kecepatan hingga tingkat kesulitannya.

“Sementara untuk membuat SIM C1 persyaratannya minimal 1 tahun sudah memiliki SIM C. Begitu juga untuk pembuatan SIM C2, jadi harus bertahap masing-masing 1 tahun,” tambah AIPTU Taufik Danar.

Dalam talkshow tersebut, Satlantas Polres Banjar juga mensosialisasikan tentang mobil keliling pengajuan perpanjangan SIM bagi masyarakat yang sebentar lagi akan dioperasikan.

“Kemungkinan nanti titiknya di Gambut dan Pengaron, juga di titik lainnya sesuai banyaknya permintaan yang diajukan masyarakat ke Polsek kita akan layani,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *