Samsat Martapura Keluhkan Tidak Adanya Laporan Rutin Terkait Kendaraan Dinas

TERDATA - Terhitung sejak Januari hingga Oktober 2022 lalu, kendaraan dinas yang terdata oleh Samsat Martapura hanya berjumlah 196 unit.

MartapuraKlik – Pihak Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Martapura mengeluhkan tidak adanya laporan rutin oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terkait kendaraan dinas yang masih aktif. Baik itu kendaraan roda dua, tiga maupun roda empat.

Keluhan tersebut disampaikan Kepala UPPD Samsat Martapura Zulkifli, kepada MartapuraKlik beserta awak media lainnya, Senin (28/11/2022).

Read More

Dirinya mengaku, tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah unit kendaraan dinas di Kabupaten Banjar yang aktif ataupun sudah dalam proses lelang.

“Kami hanya mendapatkan data kendaraan dinas ketika melakukan pembayaran pajak saja. Semestinya, Pemkab Banjar secara rutin melaporkan data tersebut kepada Samsat,” bebernya.

Sementara, untuk data kendaraan dinas yang pihaknya peroleh dari pembayaran pajaknya, terhitung mulai Januari hingga Oktober 2022 ini, ada sebanyak 196 unit.

“Di antaranya kendaraan dinas untuk roda dua 147 unit, roda tiga 5 unit dan roda empat sebanyak 44 unit,” rincinya.

Zulkifli mengungkapkan, seharusnya apabila ada kendaraan yang sudah dilelang, dilaporkan juga ke pihak Samsat agar mengetahuinya.

‘Namun selama ini tidak ada sama sekali data yang kami dapatkan oleh Pemkab Banjar,” keluhnya.

Apa lagi, lebih jauh dipaparkan Zulkifli, biaya pembayaran pajak untuk kendaraan dinas berbeda jauh ketimbang kendaraan pribadi.

“Sesuai arahan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel, untuk kendaraan dinas diberikan potongan biaya setengah persen dari kendaraan pribadi,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihak sudah menyurati Pemkab Banjar terkait perihal tersebut.

“Tepatnya pada, 19 November 2022 lalu. Di mana kami tujukan kepada Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Banjar,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *