Salis Farida Fitriani Jadi Narasumber Talkshow OPini Balitbang Kumham

Salis Farida Fitriani Jadi Narasumber Talkshow OPini Balitbang Kumham
NARASUMBER - Salah satu narasumber OPini yang turut serta yakni, Salis Farida Fitriani selaku Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura.

MartapuraKlik – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbang Kumham) menyelenggarakan diskusi daring Obrolan Peneliti (OPini),Rabu (23/3/2022).

OPini dengan Tema “Penerapan Hak Warga Binaan Perempuan Hamil, Menyusui, Serta Anak Bawaan”. Sebagai narasumber, Salis Farida Fitriani selaku Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Hj Erlina selaku Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan Maria Lamria Selaku Analis Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM sebagai Narasumber.

Read More

Giat yang dimulai pukul 10.00 Wita ini, dibuka dengan Laporan Kegiatan OPini oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi. Dilanjutkan sambutan oleh Kepala Balitbang Kumham Sri Puguh Budi Utami.

Kepala Balitbang Kumham mengungkapkan, kegiatan ini sengaja diinisiasi untuk mempublikasikan hasil penelitian oleh peneliti di Balitbang Hukum dan HAM.

“Kegiatan pada pagi ini, kami ingin mendapatkan masukan-masukan dari narasumber dan partisipan, segala kendala terkait penerapan hak WBP Perempuan Hamil, Menyusui, Serta Anak Bawaan demi penyempurnaan penyelanggaraan Lembaga Pemasyarakatan,” tuturnya.

Kegiatan OPini ini kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Potret Penerapan Hak Warga Binaan Perempuan Hamil, Menyusui serta Anak Bawaan di Lembaga Pemasyarakatan oleh Narasumber, Maria Lamria Selaku Analis Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM.

Melanjutkan kegiatan, pemaparan disampaikan oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura dan juga selaku Narasumber.

Sebelum penyampaian materi, ditampilkan video singkat terkait pemberian hak warga binaan perempuan hamil, menyusui serta anak bawaan di Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura.

Salis Farida mempaparkan, sebagai tantangan yang dihadapi dan upaya-upaya telah dilakukan demi pemenuhan warga binaan perempuan hamil, menyusui serta anak bawaan.

“Disamping berbagai tantangan yang kami hadapi di Lapas Perempuan Martapura, kami selalu berupaya melakukan pemenuhan hak warga binaan terkait sesuai dengan aturan yang berlaku,” bebernya.

“Harapannya segera disusun Regulasi beserta kerangka acuan teknis yang mengatur eksistensi Lapas Perempuan dalam Pemenuhan Hak WBP Perempuan Hamil, Menyusui dan Anak Bawaan,” tuturnya.

Pemaparan selanjutnya oleh Narasumber Hj Erlina selaku Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dengan materi Pengaturan Kebijakan Ideal Pemberian Hak Warga Binaan Perempuan Hamil, Menyusui, Serta Anak Bawaan.

Setelah pemaparan materi dari para narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara narasumber dan para peserta yang hadir melalui ruang virtual.

Kegiatan OPini kali ini diikuti oleh jajaran internal Kemenkumham RI, praktisi dari pengadilan dan kejaksaan, mahasiswa, hingga masyarakat umum. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *