Ribuan Vaksin Astrazeneca Hampir Memasuki Tanggal Kadaluarsa, Sekda Banjar Sampaikan Kendalanya

Ribuan Vaksin Astrazeneca Hampir Memasuki Tanggal Kadaluarsa, Sekda Banjar Sampaikan Kendalanya

MartapuraKlik – Kurang lebih 1.200 vaksin jenis Astrazeneca di Kabupaten Banjar tak lama lagi akan kadaluarsa diakhir Februari 2022 ini.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar HM Hilman, usai pertemuan virtual via Zoom Meeting bersama Kapolri, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Albasia Martapura, Jumat (25/2/2022).

Read More

Ia mengungkapkan, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Kabupaten Banjar dalam melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

“Kita harus menghabiskan vaksin yang ada sebelum 28 Februari 2022. karena pada tanggal tersebut vaksin Astrazeneca yang akan kadaluarsa, tetapi kita ada kendala,” ungkapnya.

Sekda Banjar pun menjelaskan, sesuai dengan Surat Keterangan (SK) menggunakan vaksin merek Astrazeneca atau vaksin lain diluar sinovac.

“Karena di aplikasi kita kalau dosis satu Sinovac, maka dosis kedua harus Sinovac juga. Akhirnya vaksin jenis lain tidak bisa tercatat. ini lah yang menjadi kendala dan kita harus cepat menghabiskan vaksin tersebut agar tidak kadaluarsa,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Banjar juga melakukan peninjauan kegiatan vaksinasi serentak untuk mencapai herd immunity, di RTH Albasia, Kecamatan Martapura.

Sebelumnya vaksinasi di tempat yang sama juga digelar 10 Februari 2022 lalu, di mana ditujukan pada warga Martapura dan sekitarnya. Khususnya kepada anak-anak sekolah usia 6-11 tahun.

Tak hanya mendapatkan vaksinasi pertama, kedua atau vaksin booster, warga yang mendapatkan vaksin juga mendapatkan sembako.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI per 25 Februari 2022, angka vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Banjar telah mencapai 83 persen lebih atau mencakup 367 ribu orang lebih.

Sementara, vaksinasi dosis kedua saat ini baru mencapai angka 35,4 persen atau sudah mencakup 156 ribu orang lebih. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *