Ratusan WBP LPP Martapura Terima Remisi, Dua Diantaranya Bebas

MartapuraKlik – Memperingati ke 77 Kemerdekaan RI, sebanyak 355 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Kelas IIA (LPP) Martapura terima Remisi Umum (RU) atau pengurangan masa hukuman.

Salis Farida Fitriani menjelaskan, remisi ini diberikan kepada WBP yang telah memenuhi syarat administratif maupun substantif sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan serta Kepres Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

“Syarat administratif yakni, WBP yang bersangkutan sudah divonis atau mendapat kekuatan hukum tetap, serta sudah menjalani masa hukuman minimal 6 bulan masa pidana. Selain syarat administratif, juga harus berkelakuan baik selama menjalani masa pidana,” jelas Kepala LPP Martapura.

Berdasarkan data Surat Keputusan Remisi Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, lanjut Salis Farida Fitriani, sebanyak 344 orang Warga Binaan Pemasyarakatan mendapatkan Remisi Umum (RU) I dan 11 orang warga binaan pemasyarakatan mendapat Remisi Umum (RU) II.

“Dari 11 orang yang mendapat RU II, ada 2 orang warga binaan pemasyarakatan yang bisa langsung menghirup udara bebas setelah pemotongan masa hukuman, sedangkan sisanya masih menjalani hukuman subsider,” ungkapnya.

“Pemberian remisi ini diharapkan menjadi stimulus bagi warga binaan untuk berkelakuan baik dan berperan aktif dalam program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura,” tungkas Salis Farida.

Perlu diketahui, Pelaksanaan pemberian remisi ini dilaksanakan di 2 tempat yang berbeda, yakni di LPP Martapura yang diserahkan langsung oleh Kepala LPP Martapura. Lalu dilanjutkan penyerahan di Lapas Banjarbaru yang diserahkan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, kepada salah seorang perwakilan WBP yang mendapatkan Remisi Umum II. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *