Ratusan Warga ABB Antusias Ikuti Pemeriksaan Kesehatan dan Penyuluhan

PENYULUHAN - Usai dilakukan pemeriksaan kesehatan, petugas kesehatan juga memberikan penyuluhan terkait penting kesehatan.

MartapuraKlik – Ratusan Warga Awang Bangkal Barat (ABB), Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, sangat antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) dan Poltekes Banjarbaru, Kamis (3/11/2022) sore.

Kegiatan yang berlangsung di halaman rumah Pembakal Desa ABB ini, di antaranya pemeriksaan kesehatan seperti cek kolesterol, gula darah dan hipertensi.

Read More

Hal ini pun mendapatkan respon positif dari warga setempat. Salah satunya saja Samsul selaku Ketua Rt 06 yang turut memeriksakan kesehatannya.

“Alhamdulillah tidak ada gejala penyakit saat pemeriksaan tadi. Adanya kegiatan ini warga kita akan sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan bagi diri kita sendiri,” katanya.

DIHADIRI – Kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Karang Intan M Ilmi, Koramil, Polsek, Kader Awang Bengkal Barat, BPD dan Koordinator Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran ULM.

Sementara, Pembakal Desa ABB Pajrul Ripani, melalui Ketua BPD ABB Sugiman menjelaskan, setelah pemeriksaan tersebut, jika ada yang mengalami masalah kesehatan. Maka akan langsung diberikan obat sesuai resep dokter dari Puskesmas Karang Intan II.

“Yang jelas warga banyak terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat secara gratis ini. Semoga acara ini bisa berkelanjutan lagi,” pintanya.

Di tempat sama, Agianto selaku Koordinator Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran ULM memaparkan, kali ini pihaknya telah melaksanakan program CANGKAL MANENSI (Cara Awang Bangkal Barat Mengurangi Gejala Hipertensi).

“Tentunya kegiatan ini terlaksana atas support Pembakal Desa Awang Bangkal Barat, Camat Karang Intan, Koramil, Polsek dan Puskesmas Karang Intan II,” ujarnya.

Ia berharap, para kader, Puskesmas dan pihak desa, bisa kembali melaksanakan program hipertensi seperti ini. “Sehingga bisa berkelanjutan lagi,” harapnya.

Menurutnya, ini adalah tahun kedua telah melaksanakan program inovasi di Desa Awang Bangkal Barat.

“Inovasi pertama, pelatihan kader untuk penanganan kecelakaan lalu lintas dan kedua, program inovasi CANGKAL MANENSI,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *