Polres Banjar Lakukan Pemeriksaan Terhadap 4 Aparat Desa Mandiangin Timur

PEMANGGILAN - Usai melakukan pemeriksaan terhadap 4 orang terlapor, Wakanit Tipidkor Sat Reskrim Polres Banjar AIPTU Joko Purnomo, menyebut akan ada 17 orang yang diperiksa.

MartapuraKlik – Pada, 24 November 2023 lalu, 4 aparat desa di antaranya, pembakal, Ketua BPD, Sekdes dan Kepala Lingkungan (Kaling) 1 Desa Mandiangin Timur akhirnya memenuhi pemanggilan dari Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Banjar.

Pemanggilan tersebut, terkait kasus dugaan penyalahgunaan jabatan perihal jual beli aset negara (desa) berupa lahan puluhan hektare, yang berada di Bukit Manjay, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Read More

Usai melakukan pemeriksaan terhadap terlapor, Wakanit Tipidkor Sat Reskrim Polres Banjar AIPTU Joko Purnomo mengatakan, terkait pemanggilan undangan klarifikasi ini, masing-masing terlapor ditanyai sebanyak 36 pertanyaan oleh tim pemeriksa Unit Tipidkor Satuan Reskrim Polres Banjar.

“Selain 4 orang terlapor ini, ada 17 orang yang bakal diperiksa terkait pembuatan Surat Keterangan Tanah (SKT) yang diduga mengantasnamakan pribadi dan keluarganya,” kata AIPTU Joko.

Ia menjelaskan, penyelidikan saat ini masih dalam tahap proses dan terus berlanjut yang diperkirakan hingga 2024 mendatang.

“Sementara ini pihak Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Banjar juga telah meminta keterangan melalui undangan klarifikasi. Yang mana, 4 orang yang diperiksa termasuk Kepala Desa (Kades) Mandiangin Timur sudah menjawab seluruh pertanyaan atas dugaan jual beli aset negara berupa lahan seluas 88 hektare,” jelasnya.

Untuk memperkuat kasus penyelidikan, lebih jauh dipaparkan AIPTU Joko, pihaknya akan memanggil sejumlah saksi termasuk dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banjar dan pengelola Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam karena dianggap berkaitan.

“Dugaan ini pun, memang murni atas aduan dari masyarakat (dumas). Nanti pelapor juga akan kita periksa,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *