Plt Dirjenpas Pimpin Panen Satu Ton Ikan Nila di Lapas Narkotika Karang Intan

PANEN - Plt Dirjenpas turut serta dalam memanen ikan nila pada kolom ikan SAE di Lapas Narkotika Karang Intan, Selasa (4/6/2024).

MartapuraKlik – Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Dr Reynhard SP Silitonga, pimpin panen satu ton ikan nila pada kolam ikan sarana asimilasi dan edukasi (SAE) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Selasa (4/6/2024).

Ikan-ikan tersebut merupakan hasil dari budidaya Warga Binaan dalam program kemandirian perikanan Lapas Narkotika Karang Intan.

Read More

Dirjenpas menyampaikan apresiasi kepada Lapas Narkotika Karang Intan, karena telah berhasil menyelenggarakan berbagai program kemandirian. Salah satunya diwujudkan dengan panen satu ton ikan nila. Hal tersebut sebagai salah satu perwujudan untuk membekali Warga Binaan keahlian sebelum nantinya kembali ke masyarakat.

“Saya mengapresiasi penyelenggaraan pembinaan kemandirian Lapas Narkotika Karang Intan, sudah sangat baik. Terus kembangkan kreativitas, yang sekiranya berguna dalam rangka membina warga binaan menjadi lebih baik,” kata Plt Dirjenpas.

Plt Dirjenpas yang hadir didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kakanwil Kemenkumham Kalsel) Taufiqqurakhman, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Said Mahdar, juga meninjau layanan dapur bersih Lapas Narkotika Karang Intan.

Sementara itu, Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo mengungkapkan, kegiatan perikanan bagian dari upaya mendukung kemandirian dan peningkatan ekonomi Warga Binaan.

“Sehingga Lapas Narkotika Karang Intan telah menyelenggarakan berbagai program pembinaan,” ungkap Wahyu Susetyo.

Salah satu program unggulan yang tengah dilaksanakan ini, lanjut Wahyu, adalah program perikanan.

“Kita menyelenggarakan program perikanan ini untuk mendukung kemandirian bagi Warga Binaan. Sehingga lebih berdaya yang pada akhirnya juga mendukung peningkatan ekonomi mereka dan keluarga, khususnya ketika nantinya mereka sudah selesai menjalani pembinaan di Lapas dan kembali berkumpul dengan keluarga,” ujarnya.

Ia menegaskan, komitmen jajaran Lapas Narkotika Karang Intan untuk senantiasa melaksanakan program pembinaan sebaik-baiknya, yang diharapkan dapat memberi manfaat dan dampak yang luas baik bagi warga binaan, masyarakat, maupun organisasi.

“Selain itu, program kemandirian juga merupakan implementasi dari fungsi Pemasyarakatan,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan, para pejabat administrator Kantor Wilayah dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *