PLN UIP KLT Terus Dukung Pembangunan IKN, Targetkan Siap Dukung Upacara HUT RI 2024

Martapuraklik – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) terus berkomitmen mewujudkan kelistrikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya memastikan kelistrikan saat peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2024.

Seperti yang diketahui, Pemerintah RI berencana melakukan perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara. Hal itu langsung disampaikan Presiden Joko Widodo saat peringatan hari kemerdekaan RI Agustus lalu.

Read More

Untuk itu, perseroan terus mematangkan persiapan demi memastikan hal itu. Salah satunya melalui pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kV Kariangau Ext Arah GIS 4 IKN, SUTT 150 kV Kariangau Landing Point GIS 4 IKN, dan GIS 4 IKN. Serta, pembangunan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) pertama di Kalimantan Timur.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) Raja Muda Siregar mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara.

“Bentuk nyata kami (PLN UIP KLT) tengah membangun beberapa proyek. Mulai dari GI 150 kV Kariangau hingga SKTT pertama di Kaltim,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya menargetkan agar pembangunan bisa sesuai target yakni di Mei tahun depan. “Kami harap bisa sesuai target energize-nya di Mei tahun depan. Karena, kami juga akan mensupport perhelatan upacara kemerdekaan RI di tahun depan, yang direncanakan dilakukan di IKN Nusantara,” bebernya.

Dari pembangunan yang pihaknya bangun ini diharapkan dapat mendukung agenda besar itu.

“Untuk itu, kami terus memantau progres pembangunan ini. Tentu kami berharap yang terbaik untuk IKN Nusantara,” ungkapnya.

Sebagai informasi, hingga pertengahan Desember ini, progres prosentase pekerjaan untuk GI Kariangau Ext 2 LB sudah mencapai 45,10 persen, pembangunan SUTT 14,3 dan SKTT Kariangau GIS 4 IKN sebesar 8,8 persen.

“Tentu kami optimis bisa merampungkan dan mendukung kelancaran upacara bendera HUT RI di IKN Nusantara,” terangnya.

“PLN UIP KLT melaksanakan apa yang sudah menjadi penugasan. Tentu kami memerlukan dukungan semua pihak agar pekerjaan ini bisa selesai sesuai target,” ujarnya.

Untuk diketahui, selain SKTT 150 kV landing point GIS 4 IKN – GIS 4 IKN, PLN UIP KLT juga mendapat penugasan untuk membangun Gardu Induk (GI) 150 kV Kariangau Ext Arah GIS 4 IKN, SUTT 150 kV Kariangau Landing Point GIS 4 IKN, dan GIS 4 IKN. “Proyek ini menjadi bagian penting dari sistem jaringan transmisi yang membentang dari Kalsel, Kalteng dan Kaltim (Kalseltengtim). Termasuk di dalamnya IKN,” ungkapnya.

Direktur Transformasi Hijau OIKN Agus Gunawan mengatakan, saat Perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024, listrik yang ada di IKN Nusantara diharapkan bisa optimal.

Saat ini, PLN tengah membangun banyak proyek untuk kelistrikan. “Juga dengan, energi hijau yang akan dipakai yakni PLTS,” katanya dalam seminar daring November lalu.

Menurut dia, pembangunan IKN sebagai pekerjaan yang super prioritas sehingga target pelaksanaannya tercantum dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dan Peraturan Presiden (Perpres) 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk IKN.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *