Plaza Pelayanan Publik Simpang Empat Beroperasi, Zulkifli: Persyaratannya Cukup Mudah

WAWANCARA - Kepala Samsat Martapura Zulkifli memberikan keterangan terkait Plaza Pelayanan Publik sudah beroperasi.

MartapuraKlik – Plaza Pelayanan Publik yang berada di Simpang Empat akhirnya sudah beroperasi pada, Senin (11/4/2022). Di mana diharapkan pelayanan pajak tersebut, dapat melayani masyarakat atau Wajib Pajak di sekitar Simpang Empat, Pengaron, Mataraman, Sambung Makmur, Sungai Pinang, Cintapuri.

Perihal tersebut disampaikan Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Martapura Zulkifli, kepada MartapuraKlik beserta awak media lainnya, usai ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/5/2022) siang.

Read More

“Alhamdulilah dari beroperasi mulai 11 April 2022 hingga saat ini, sudah mulai banyak masyarakat yang mengurus perpanjangan pajak tahunan di tempat itu. Bahkan, ada dari kabupaten tetangga juga mengurus pajaknya di Plaza Pelayanan Publik karena lokasinya berdekatan,” ungkapnya.

Menurut Kepala Samsat Martapura, kalau rata-rata setiap harinya yang dilayani oleh petugas Samsat di Plaza Pelayanan Publik itu, sekitar 15 hingga 20 masyarakat yang mengurus perpanjangan pajak bermotornya, baik itu roda dua maupun roda empat.

“Terlebih usai libur besar tadi, lumayan banyak masyarakat yang membayar pajak bermotornya. Karena ketika jatuh tempo pajaknya bertepatan libur besar, harus dibayarkan pada saat hari pertama pelayanan Samsat kembali beroperasi. Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang membayarkan pajaknya dihari itu,” jelasnya.

Saat ditanya bagaimana persyaratannya pengurusan pembayaran pajak bermotornya? Zulkifli mengatakan, persyaratanya cukup mudah.

“Cukup membawa STNK dan notes pajak asli yang terdahulu, kemudian membawa KTP. Nanti petugas juga meminta nomor telepon yang bersangkutan,” jawabnya.

Meski masyarakat sudah mengetahui adanya Plaza Pelayanan Publik di Simpang Empat. Namun, pihak Samsat Martapura tetap menjalankan sosialisasinya agar lebih diketahui masyarakat luas.

“Baik itu dari spanduk yang sudah kita sebarkan, media sosial hingga sempat diumumkan di Masjid Al Karamah Martapura. Jadi, sosialisasi tetap kita jalankan,” katanya.

Dirinya berharap, adanya layanan unggulan Samsat Martapura ini, bisa lebih mendekatkan layanan Samsat dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan pajak bermotornya.

“Jadi, dengan adanya layanan unggulan tersebut, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Samsat induk untuk pengurusan pajak tahunannya,” ujarnya.

Dilain sisi, tujuan lainnya dengan aktifnya masyarakat dalam membayar pajak. Otomatis pendapatan asli daerah juga turut meningkat.

Selain Plaza Pelayanan Publik di Simpang Empat, layanan unggulan Samsat Martapura lainnya juga sudah beroperasi sejak lama. Seperti, Mobil Samsat Keliling, Jemput Antar dan Mall Pelayanan Publik. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *