Perubahan Badan Hukum Dua Perusda Menjadi Perda Akhirnya Disahkan DPRD Kabupaten Banjar

Perubahan Badan Hukum Dua Perusda Menjadi Perda Akhirnya Disahkan DPRD Kabupaten Banjar
RAPAT - DPRD Kabupaten Banjar menggelar Rapat Paripurna bersama Bupati Banjar Saidi Mansyur, Rabu (1632022).

MartapuraKlik – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar akhirnya mengesahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Badan Hukum perusahaan milik daerah, yakni Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) dan PD Baramarta, saat Rapat Paripurna, Rabu (16/3/2022).

Kini, Raperda Perubahan Badan Hukum PD Baramarta menjadi Perseroan Terbatas (PT), sedangkan PD PBB menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) disahkan menjadi Perda.

Read More

Disamping merampungkan dua Raperda Perubahan Badan Hukum dua Perusda menjadi Perda. DPRD Kabupaten Banjar juga mengesahkan tiga Raperda lainnya, seperti Raperda Pencadangan Pangan, Raperda Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Raperda Penanggulangan Kemiskinan.

Atas dasar itulah, Bupati Banjar Saidi Mansyur menyampaikan, syukurnya dan memberikan apresiasi kepada DPRD.

“Hari ini 5 Raperda telah disahkan. Semoga kontrol DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar sendiri dapat menjalankan perusahaan ini lebih baik lagi,” ucapnya.

Bupati Banjar menaruh harapan besar kepada dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah berubah badan hukumnya tersebut.

“Tentunya kami menginginkan perusahaan daerah menjadi lebih baik lagi kedepannya. Karena, dengan perubahan bentuk badan hukum ini, dipastikan akan berdampak positif, baik bagi daerah, hingga pendapatan perusahaan tersebut. Terlebih Raperda ini merupakan amanah Undang-undang (UU) yang harus dilaksanakan,” tutur Bupati Banjar.

Perusahaan daerah yang berubah bentuk badan hukumnya itu, lanjut Saidi Manysur, sudah mempunyai berbagai langkah strategi untuk memajukan perusahaanya.

“Dengan beralih ke PT, baik organ, struktur, hingga muatan perusahaan daerah. Dapat membantu menyelesaikan sejumlah permasalahan yang dihadapi perusahaan daerah. Terlebih mereka juga dapat melakukan kerja sama. Tapi, sejauh ini perusahaan daerah telah dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Di tempat sama, Direktur Utama PD Baramarta Rachman Agus mengungkapkan, dengan perubahan bentuk badan hukum menjadi PT ini, pihaknya optimis akan memberikan kontribusi yang lebih besar kepada daerah.

“Karena kita dapat lebih leluasa mengembangkan usaha. Seperti melakukan diversifikasi usaha, selama tidak bertentangan dengan undang-undang,” ungkapnya.

Bahkan, tambah Rachman Agus, ke depan pihaknya pun akan melakukan kerja sama dengan perusahaan besar untuk meningkatkan pendapatan di sektor pertambangan.

“Tentunya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Banjar,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *