Peringati Isra Mikraj, Kepala La’permata : Momentum Tingkatkan Kualitas Diri Petugas dan WBP

Peringati Isra Mikraj, Kepala La'permata Momentum Tingkatkan Kualitas Diri Petugas dan WBP

MartapuraKlik – Tampak kali ini pelataran Musala Al-Hijrah dipenuhi petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura (La’permata), Rabu (2/3/2022) pagi.

Rupanya petugas dan warga binaan berkumpul untuk mengikuti kegiatan peringatan Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H.

Read More

Isra Mikraj sendiri merupakan salah satu hari besar bagi seluruh umat Islam. Di mana peristiwa ini sebagai peringatan perjalanan Nabi Besar Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, yang ditempuh hanya dalam waktu semalam.

Peringati Isra Mikraj, Kepala La'permata  Momentum Tingkatkan Kualitas Diri Petugas dan WBP

Kegiatan peringatan ini dibuka dengan Syair Maulid Habsyi yang dibawakan oleh warga binaan. Dilanjutkan lantunan merdu ayat suci Alquran dan Sari Tilawah yang dibacakan oleh warga binaan.

Seluruh petugas dan warga binaan yang berhadir nampak khusyu mendengarkan Ayat suci Alquran yang dilantunkan.

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H yang bertemakan “Jadikan Salat sebagai sarana Pembentukan Akhlakul Karimah dan Mempererat Ukhuwah Islamiah” diisi dengan ceramah agama oleh Ustadzah Norhayati, yang juga merupakan salah satu Penyuluh Agama Islam dari Kemenag Kabupaten Banjar.

Dalam ceramahnya beliau mengisyaratkan untuk seluruh umat Islam agar dapat meneladani Rasulullah melalui peristiwa Isra Miraj. “Rasullah di israkan dari masjidil haram ke masjidil Aqsa, dan dimi’rajkan (dinaikkan) Dari Langit pertama-ke langit ke tujuh sampai Naik ke sidratil Muntaha sampai mendapatkan Perintah untuk shalat lima waktu.

“Amal yang pertama kali dihisab adalah salat, salat jadi tolak ukur, apabila shalatnya baik maka baik pula yg lainnya. Apabila kita meninggalkan salat dengan sengaja maka dia kafir secara nyata,” tuturnya.

Sesuai tema, ia juga berpesan, untuk menjadikan salat sebagai sarana pembentukan akhlakul karimah.

Peringati Isra Mikraj, Kepala La'permata  Momentum Tingkatkan Kualitas Diri Petugas dan WBP

“Karena salat itu mencegah perbuatan keji lagi munkar dan mempererat tali silaturrahmi,” ucapnya.

Di tempat sama, Kepala La’permata Salis Farida Fitriani mengungkapkan, peringatan Isra Mikraj harus dijadikan upaya untuk mengambil pelajaran dari perjalanan Rasulullah SAW yang mengajarkan kebenaran, kesabaran dan kepatuhan dalam beribadah.

“Insyaallah momentum ini memberikan hikmah kepada kita semua baik petugas maupun Warga Binaan untuk lebih taat, menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi teladan bagi sekitar,” harapnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *