Perdana! BPBD Bersinergi TP PKK Kabupaten Banjar Gelar Pelatihan KATANA

MartapuraKlik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  bekerjasama TP PKK Kabupaten Banjar menggelar Pelatihan Keluarga Tangguh Bencana (KATANA), di Aula Kantor Kecamatan Martapura, Rabu (25/10/2023).

Ketua TP PKK Banjar Nurgita Tiyas mengatakan, kegiatan Pelatihan KATANA sasarannya adalah ibu-ibu di Kabupaten Banjar yang peduli dan tanggap dalam memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.

Read More

”Adanya sosialisasi ini mereka semakin paham bagaimana cara pertolongan pertama apabila terjadi beberapa faktor kecelakaan yang korbannya adalah perempuan. Maka keadaan tanggap bencana ini juga bukan hanya mengharapkan rekan-rekan dari instansi pemerintahan, tetapi kita sendiri sudah peduli,” kata Nurgita.

PEMAPARAN – Pelatihan diisi dengan pemaparan materi dan cara penanggulangan bencana oleh personel dari DPKP, BPBD dan PMI Kabupaten Banjar.

Kerja sama antara BPBD dan TP PKK Kabupaten Banjar yang pertama ini, lanjut Nurgita, tidak hanya terlaksana di Kecamatan Martapura. Tetapi, di lokus lainnya yang rawan terjadi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita menjelaskan, pelatihan KATANA ini baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Banjar. Melibatkan peserta dari Desa Bincau dan Labuan Tabu Kecamatan Martapura.

”Alasan kenapa Desa Bincau dan Labuan Tabu karena dua desa tersebut rawan terjadi bencana banjir,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan penyerahan bantuan berupa tas yang dapat digunakan untuk keperluan obat-obatan dan dokumen penting lainnya secara simbolis oleh Nurgita Tiyas kepada Ketua TP PKK Kecamatan.

Lalu dilanjutkan, penyerahan buku mewarna cinta Kabupaten Banjar kepada perwakilan Bunda PAUD, Pengawas TK dan Penilik PAUD Martapura. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *