Pengamat Politik Singgung Kepala Daerah yang Lamban Merampungkan Perbup APS

TERPASANG - Sudah mulai banyak APS yang terpasang di Jalan Ahmad Yani Kilometer 17, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Sementara Perbup mengenai hal tersebut belum dirampungkan.

MartapuraKlik – Pengamat Politik Varinia Pura Damaiya, menyinggung lambannya kepala daerah dalam merampungkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait penertiban Alat Peraga Sosialisasi (APS) yang berbau kampanye.

Ia mengatakan, lantaran tidak adanya Perbup tersebut, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kesulitan untuk menindak APS yang melanggar aturan.

Read More

“Akan tetapi, saya pikir perlu adanya kreativitas dari Bawaslu sendiri. Misalnya, karena belum masuk masa kampanye, bisa saja bersurat ke Satpol PP untuk menertibkan APS maupun APK. Jadi bukan Bawaslu yang turun langsung untuk menindaknya,” kata Varinia, Jumat (3/11/2023).

Ia menyebut agak dilematis dengan Pemerintah Daerah, dikarenakan tidak cepat mengeluarkan Perbup. Mungkin bisa disinyalir karena ini berkaitan dengan kepentingan mereka sendiri.

“Bisa jadi ada yang berasal dari partai. Apabila mengeluarkan Perbup mengenai APS yang melanggar ketertiban, dikhawatirkan akan berbenturan dengan kepentingan partainya untuk mensosialisasikan. Bisa jadi lambatnya Perbup yang mengatur masalah itu,” sebutnya.

“Sebaiknya sih kalau menurut saya seharusnya kepala daerah cepat menyelesaikannya, karena ini sudah mendekati masa kampanye,” sambungnya.

Ia menambahkan, pada 3 November 2023, sudah dilakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Sementara 4 November 2023, sudah ada pengumumannya kemudian masuk ke masa kampanye.

“Ya terlambat Perbup-nya kalau menurut saya. Seharusnya dari kemarin-kemarin sudah dikeluarkan, karena sudah tidak berlaku lagi ketika sudah memasuki masa kampanye,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *