Pemkab Banjar Sabet Penghargaan Kategori Pembina Proklim 2023 Tingkat Kalsel dari KLHK

PENGHARGAAN - Pemkab Banjar terima penghargaan program Proklim 2023 tingkat Provinsi Kalsel dari KLHK.

MartapuraKlik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar mendapatkan Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2023 kategori Pembina ProKlim tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di Gedung K.H Idham Chalid Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Rabu (13/12/2023) lalu.

Penghargaan tersebut juga bersamaan dengan penyerahan Proklim Kategori Lestari, Proklim Utama, Penghargaan Sasangga Banua dan Penghargaan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.

Read More

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel Hanifah mengatakan, Proklim bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk saling bersinergi dan terus bergerak melakukan perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

“Sebab bagaimanapun, bukan menjadi rahasia lagi bahwa saat ini dunia menghadapi perubahan iklim yang mengerikan dan mengkhawatirkan, sehingga harus ada upaya nyata dan harus menjadi prioritas bersama terhadap segala bentuk perubahan iklim,” kata Hanifah.

Ia menjelaskan, provinsi mengusulkan sebanyak 171 jumlah usulan desa atau lokasi. Adapun pencapaian tahun ini ada sebanyak 7 Kategori yang didapatkan dari KLHK di antaranya, Pembina ProKlim, Pendukung ProKlim, ProKlim Lestari, Trophy ProKlim Utama, Sertifikat ProKlim Utama, Sertifikat Madya dan Sertifikat Pratama.

Untuk penghargaan tertinggi Penerima Piagam Provinsi Trophy ProKlim Kategori Lestari Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Penerima Piagam Provinsi Trophy ProKlim Utama Desa Mandikapau Timur, Kecamatan Karang Intan.

Lalu, penerima Piagam Provinsi Penghargaan Sasangga Banua Desa Mandikapau Timur Kecamatan Karang Intan dan Penerima Piagam Provinsi Penghargaan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Desa Sungai Rangas Hambuku Kecamatan Martapura Barat.

Di lain sisi, juga diberikan penghargaan ProKlim Utama kepada 19 desa di Kabupaten Banjar, di antaranya :

1. Desa Abirau, Kecamatan Karang Intan

2. Desa Balau, Kecamatan Karang Intan

3. Desa Bi’ih, Kecamatan Karang Intan

4. Desa Jingah Habang Ilir, Kecamatan Karang Intan

5. Desa Lok Tangga, Kecamatan Karang Intan

6. Desa Mali-Mali, Kecamatan Karang Intan

7. Desa Mandiangin Barat, Kecamatan Karang Intan

8. Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan

9. Desa Pandak Daun, Kecamatan Karang Intan

10. Desa Sungai Alang, Kecamatan Karang Intan

11. Desa Sungai Asam, Kecamatan Karang Intan

12. Desa Bincau, Kecamatan Martapura

13. Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura

14. Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura

15. Desa Tambak Baru Ilir, Kecamatan Martapura

16. Desa Tungkaran, Kecamatan Martapura

17. Desa Antasan Senor, Kecamatan Martapura Timur

18. Desa Antasan Senor Ilir, Kecamatan Martapura Timur

19. Desa Mangkauk, Kecamatan Pengaron.

Sebanyak 5 Desa juga mendapatkan Piagam ProKlim Madya Kelurahan Gambut Barat, Pasayangan Selatan, Tunggul Irang, Melayu Ilir, Rantau Nangka dan 2 Desa yang mendapatkan Piagam Pratama, yaitu Banyu Hirang dan Belangian.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Banjar Mursal, mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur, menyampaikan Pemkab Banjar telah melaksanakan Program Kampung Iklim dari 2020 lalu.

“Alhamdulillah di 2023, Kabupaten Banjar memperoleh Penghargaan dari KLHK untuk kategori Pembina Proklim, Proklim Lestari, Proklim Utama Trophy, Proklim Utama sertifikat, Proklim Sertifikat Madya Sertifikat Pratama,” ucap Mursal, didampingi Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Nur Aina.

Mursal juga meminta seluruh pihak untuk dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat, pihak swasta dan pemangku kepentingan supaya terus melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

“Dengan raihan yang sudah didapat semoga menjadi pemicu lebih banyak lagi desa yang melaksanakan Program Kampung Iklim,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *