Pelaksanaan Pilkades Serentak Kembali Dilaksanakan November Mendatang

Pelaksanaan Pilkades Serentak Kembali Dilaksanakan November Mendatang
WAWANCARA – Kabid Pemerintahan Desa DPMD Banjar Hafidz Anshari, memberikan keterangan kepada MartapuraKlik, terkait pelaksanaan ilkades serentak tahun ini akan terlaksana pada November mendatang.

MartapuraKlik – Kabupaten Banjar sukses melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2021 lalu di 140 desa yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Banjar.

Masih ditengah pandemi Covid-19, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banjar rencananya akan kembali menggelar Pilkades serentak pada November 2022 ini, terlaksana di 117 desa yang tersebar di 20 kecamatan.

Read More

Perihal tersebut dikatakan Kepala DPMD Syahrialludin, melalui M Hafidz ANshari selaku Kabid Pemerintahan Desa DPMD Banjar, Senin (10/1/2022).

Ia mengatakan, meski telah direncanakan pada November mendatang, namun saat ini tahapan pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2022 masih dalam penyusunan rencana kerja.

“Kita akan buat jdwal tahapan dari pemekaran hingga pemilihan dan pelantikan nanti. Kemungkinan Februari dan Maret akan kita sosialisasikan bersama Badan Perwakilan Desa (BPD), terkait pembentukan panitia Pilkades,” katanya.

Setelah itu, lanjut Hafidz, tahapan Pilkades akan dimulai pada Bulan Juni atau Juli 2022. Pelaksanaan Pilkades Tahun 2022 ini tak berbeda seperti Pilkades sebelumnya.

“Pelaksanaan Pilkades tahun ini, tetap dilaksanakan dengan sistem pencoblosan biasa,” jelasnya.

Kendati sempat merencanakan pelaksanaan Pilkades dengan menggunakan sistem E-Voting. Namun, diakui Hafidz, tak bisa terlaksana lantaran anggaran untuk penyediaan peralatan cukup mahal.

“Anggaran yang disediakan untuk Pilkades dengan sistem E-Voting belum mencukupi, karena itu masih akan tetap dilaksanakan dengan sistem pencoblosan biasa,” bebernya.

Kepala desa yang terpilih dalam Pilkades serentak Tahun 2022 ini sendiri, direncanakan akan dilantik sebelum pergantian tahun atau sebelum tahun 2023. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *