Momen Hari Sumpah Pemuda, Ketua DPD KNPI Banjar Pinta Dikembalikannya Gedung Pemuda

Momen Hari Sumpah Pemuda, Ketua DPD KNPI Banjar Pinta Dikembalikannya Gedung Pemuda
WAWANCARA – Ketua DPD KNPI Banjar Rahmat Saleh, pinta Gedung Pemuda yang kini ditempati Disbudpar Kabupaten Banjar bisa dikembalikan lagi kepada pihak KNPI Kabupaten Banjar.

MartapuraKlik – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, tepatnya 28 Oktober 2021. Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banjar Rahmat Saleh mengharapkan, bisa mengembalikan marwah pemuda. Yakni, dengan dikembalikannya Gedung Pemuda atau Balai Pemuda yang terletak di Jalan Ahmad Yani kilometer 40 Martapura.

“Ya kami harapkan Gedung Pemuda yang kini ditempati oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar, bisa dikembalikan ke KNPI lagi,” harapnya, Selasa (26/10/2021) malam.

Read More

Pasalnya, sejarah Gedung Pemuda itu, kata Rahmat Saleh, memang milik pemerintah daerah. Tetapi Gedung tersebut sebenarnya diperuntukan untuk DPD KNPI Kabupaten Banjar.

“Hal ini juga ditegaskan Ketua DPD KNPI terdahulu bahwa sejarahnya Gedung Pemuda itu memang untuk kita. Karena di tempat tersebut para pemuda bisa mengembangkan bakat, minat dan menjadi tempat berkumpul anggota KNPI,” bebernya, kepada MartapuraKlik saat di temui disebuah café di Kabupaten Banjar.

Apalagi, lebih jauh dikatakannya, Kabupaten Banjar pada Tahun 2019 mendapatkan julukan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sebagai kota layak pemuda.

“Tapi kenyataannya, KNPI yang mewakili dari pemuda itu sendiri. Malah tidak mendapatkan tempat yang layak, itu yang sangat kami sayangkan,” paparnya, yang juga menjabat sebagai anggota komisi I DPRD Banjar.

Selama ini, KNPI Kabupaten Banjar yang kini sudah merangkul 20 lebih Organisasi Kepemudaan (OKP), menempati Gedung Trisula dilantai II, digabung dengan Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Banjar.

Disisi lain, pihaknya sangat memahami esensi dari Hari Sumpah Pemuda ini.

“Perlu digaris bawahi adalah tentang tasamuh yang artinya toleransi, saling mengahargai, saling menghormati dan kita juga mengakui bahwa KNPI adalah mitra pemerintah daerah,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dimomen Hari Sumpah Pemuda ini. Bupati Banjar yang juga menjabat sebagai Pembina Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Banjar, bisa lebih realistis melihat.

“Supaya kedepanya para pemuda kita, bisa bersinergi untuk membangun Kabupaten Banjar yang lebih Maju, Mandiri, dan Agamis,” jelasnya.

Apabila nantinya Gedung Pemuda dikembalikan kepada Pemuda Banjar, pihaknya akan melakukan kegiatan Usaha Ekonomi Produktif.

“Tujuannya sebagai modal usaha yang digunakan dan dikelola untuk meningkatkan ekonomi dan produktivitas,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *