Menko PMK RI Launching Optimalisasi Program JKN, Pemkab Banjar Berikan Dukungan Dalam Optimalisasi Itu

Menko PMK RI Launching Optimalisasi Program JKN, Pemkab Banjar Berikan Dukungan Dalam Optimalisasi Itu
TURUT HADIR - Bupati Banjar Saidi Mansyur, didampingi Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina, turut mengikuti Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program JKN, secara virtual di Command Center Manis, Martapura.

MartapuraKlik – Pemerintah Indonesia berkomitmen mencapai UHC (Universal Health Coverage) agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan akses pada pelayanan kesehatan yang bermutu tanpa hambatan finansial.

Pencapaian ini diaplikasikan dengan dilaksanakannya Launching Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Read More

Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK RI) Muhadjir Effendy, meluncurkan Inpres ini secara simbolis ditandai dengan penekanan tombol Launching, di Kantor Menko PMK RI Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (3/2/2022).

Acara tersebut juga turut dihadiri Bupati Banjar Saidi Mansyur, didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar Yasna Khairina, secara virtual di Command Center Manis, Martapura.

Menko PMK RI Muhadjir Effendy mengatakan, penerbitan Inpres ini dapat menjadi awal pembangunan komitmen dengan 30 kementerian dan lembaga. Termasuk juga pemerintah daerah.

“Atas nama Presiden Republik Indonesia, Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, kami nyatakan mulai dilaksanakan,” kata Muhadjir Effendy.

Inpres ini, tambah Menko PMK RI, mengamanatkan kepada 30 kementerian, lembaga, termasuk Gubernur, Bupati dan Walikota.

Menko PMK RI Launching Optimalisasi Program JKN, Pemkab Banjar Berikan Dukungan Dalam Optimalisasi Itu
SIMBOLIS – Menko PMK RI Muhadjir Effendy, meluncurkan Inpres ini secara simbolis ditandai dengan penekanan tombol Launching, di Kantor Menko PMK RI Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (3/2/2022).

“Ini bertujuan untuk mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing, untuk melakukan optimalisasi pelaksanaan program JKN,” tambahnya.

Di tempat berbeda, Yasna Khairina mengungkapkan, arahan dari Menko PMK RI bahwa dalam pelaksanaan ini Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar memberikan dukungan dalam optimalisasi tersebut.

“Hari ini, kita mengikuti secara virtual Launching Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN secara nasional untuk mencapai target nasional sebesar 98 persen, Menko PMK sendiri mengharapkan kami dari Pemerintah Daerah memberikan dukungan untuk memperluas kepesertaan JKN, juga penyempurnaan regulasi yang mengaturnya,” ungkapnya.

Penekanan tombol Launching dihadiri langsung oleh Pimpinan Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Kabinet Yuli Harsono, Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Andie Megantara, dan Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Achmad Yurianto.

Hadir secara virtual Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, para pimpinan Kementerian/Lembaga, serta Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *