Menjelang Tutup Tahun, Kakanim Banjarmasin Sampaikan Capaian Kinerja Tahun 2023

Martapuraklik – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin telah mencatatkan beberapa capaian kinerja selama tahun 2023. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Muhammad Wahyuni memaparkan capaian kinerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin sepanjang 2023 yang Ia sampaikan melalui konferensi pers hari ini (28/12).

Berkaitan dengan pelayanan paspor, pada tahun 2023, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin telah menerbitkan paspor dengan jumlah total mencapai 58.601 buku. Angka tersebut termasuk dengan paspor yang telah diterbitkan di Unit Pelayanan Paspor (ULP) yang ada di Kab. Tapin, dan Unit Kerja Kantor (UKK) Balangan.

Read More

Sementara itu untuk pelayanan keimigrasian terhadap Warga Negara Asing (WNA), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin telah menerbitkan izin tinggal kunjungan sebanyak 145 dokumen, izin tinggal terbatas 357 dokumen, perpanjangan izin tinggal tetap sebanyak 7 dokumen.

Berkaitan dengan penegakan hukum keimigrasian, sepanjang tahun 2023 Kantor Imigrasi Banjarmasin telah melakukan Tindakan Administratif Keimigrasian sebanyak 7 Sedangkan untuk pengawasan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Banjarmasin telah melakukan pengawasan bersama instansi terkait yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) pada wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin yang meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kab. Banjar, Kab. Tanah Laut, Kab. Barito Kuala, Kab. Tapin, Kab, Hulu Sungai Selatan, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kab. Hulu Sungai Utara, Kab. Balangan, dan Kab. Tabalong.

Dalam rangka penyebaran informasi keimigrasian kepada masyarakat, pada tahun 2023 Kantor Imigrasi Banjarmasin telah melakukan berbagai soialisasi terkait dengan Program Layanan Aplikasi M-Paspor dan Pencegahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural. Publikasi dan penyebaran informasi juga telah dilakukan melalui media online, media elektronik, dan media sosial resmi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin (Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, Website).

Realisasi anggaran yang dicapai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin pada tahun 2023 mencapai 99,38 persen. Sementara itu, terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP, di tahun 2023 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin telah berhasil menyumbangkan PNBP melebihi target yang seharusnya yakni sekitar 361.68% dari target yang telah ditetapkan.

Selain capaian-capaian kinerja di atas, pada tahun 2023 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin menerima beberapa penghargaan dari berbagai institusi. Penghargaan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan yakni Terbaik ke-II Kanwil Tipe B dalam pengelolaan BMN. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin juga mendapat 3 (tiga) penghargaan dari Kementerian Keuangan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Banjarmasin yakni Terbaik II Pengelolaan PNBP Semester I Tahun 2023, Terbaik Nilai Transaksi Digipay/Marketplace Semester I Tahun 2023, dan Terbaik III Transaksi Digipay/Marketplace Semester I Tahun 2023 (Satker Nilai UP Sedang).

Dalam rangka mengantisipasi dibukanya rute internasional, saat ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin yang juga membawahi TPI Udara Badara Internasional Syamsuddin Noor terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, melalui pemeriksaan secara berkala sarana dan prasarana area imigrasi.

Tentunya dengan banyaknya capaian kinerja serta prestasi Kantor Imigrasi Banjarmasin yang telah ditorehkan pada tahun 2023, tidak membuat jajaran pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin lantas berpuas diri. Muhammad Wahyuni mengatakan bahwa seluruh jajaran akan berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. “Kami akan berkomitmen penuh untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, kami pun akan terus melakukan penguatan pengawasan keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin,” jelas Wahyuni.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *