Mengenang Kemuliaan Almarhum Selama Hidupnya, Haul Datu Bagul Dibanjiri Ribuan Jemaah

MartapuraKlik – Diawali lantunan syair Maulid Habsyi dari rombongan Mesjid Tuhfaturroghibin Desa Dalam Pagar, Haul Syekh Aminullah atau Datu Bagul dikubahnya di Desa Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur, dibanjiri ribuan jemaah.

Bupati Banjar Saidi Mansyur, sangat mengapresiasi kepada panitia pelaksana, unsur TNI/Polri, relawan dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya haul tersebut.

Dikatakannya, haul ini merupakan salah satu wujud cinta sekaligus mengenang kemuliaan dan jasa-jasa almarhum selama hidupnya.

“Ini menjadi kultur kita di Kabupaten Banjar ketika kita yakin dan mendengar bahwa salah satu tokoh yang meninggal dekat dengan Allah SWT,” ujarnya.

Saidi Mansyur berharap, melalui kegiatan ini, semakin mempererat ukhuwah islamiyah dan sangat berarti untuk pemerintah daerah.

Dalam tausyiahnya Habib Idrus bin Abdurrahman Alkaff menyampaikan, berdasarkan kisah yang pernah dituturkan Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, Datu Bagul berasal dari Persia, Timur Tengah.

“Beliau berdagang dan datang ke tanah Banjar untuk mensyiarkan agama Islam,” ucapnya.

Diungkapkannya, Bagul berarti gembok atau juru keamanan, dimana dulunya orang yang ditangkap oleh beliau tidak bisa berbuat apa apa.

“Saya berharap semua jemaah yang datang ke haul ini mendapatkan berkah yang diridhoi oleh Allah SWT,” harapnya.

Hadir di haul tersebut Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyie, perwakilan Forkopimda, Kepala DKISP HM Aidil Basith, Camat Martapura Timur Guslan, para habaib, alim ulama dan tokoh masyarakat. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *