Matangkan Rekayasa Arus Lalu Lintas Jelang MTQ Nasional, Dishub Gelar Rakoor

RAKOOR - Dishub Kabupaten Banjar menggelar rakoor bersama Forkopimda Kabupaten Banjar dan Provinsi terkait rekayasa arus lalu lintas jelang pelaksanaan MTQ Nasional.

MartapuraKlik – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar menggelar rapat koordinasi (Rakoor) Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Persiapan Pelaksanaan MTQ Nasional ke XXIX 2022, di Kabupaten Banjar dan Antisipasi Potensi Kecelakaan Lalu Lintas, Rabu (28/9/2022).

Kepala Dishub Banjar Aspihani mengatakan, saat ini pihaknya mendapatkan informasi final dan mendekati final. Sementara untuk acaranya akan terlaksana mulai 10 hingga 19 Oktober 2022.

“Yang sudah final itu salah satunya Pawai Taaruf, Di mana akan dilaksanakan 11 Oktober 2022. Titik start di depan Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS), dengan jumlah 60 peserta mobil hias,” katanya, didampingi Riantoni selaku Kabid Lalu Lintas Dishub Banjar, Rabu (28/9/2022).

Dengan banyaknya peserta ini, pihaknya mengharapkan tidak memakan bahu jalan hingga ke Mesjid Agung Al Karomah Martapura.

“Diperkirakan panjang jalan Pawai Taaruf oleh mobil hias ini sekitar 300 meter. Semoga tidak sampai Masjid Agung Al Karomah,” ujarnya.

Aspihani memastikan, apabila terjadi over load. Alternatif lainnya untuk Pawai Taaruf bisa dipindahkan ke Jalan Sukaramai.

“Diharapkan jam 9 pagi sudah mulai acaranya,” harapnya.

Sedangkan, informasi mendekati final yang didapat oleh Disbudporapar ini, rencananya saat finish yang berada di Jalan Pangeran Hidayatullah ini akan memberikan penilaian dan hadiah kepada peserta.

“Namun untuk lokasi pengumumannya kita belum tahu. Karena itu, rekayasa lalu lintas tersebut belum final,” sebutnya.

Guna mengurangi padatnya lalu lintas saat pelaksanaan MTQ Nasional, untuk arus baliknya nanti akan diarahkan ke jalur alternatif (Mataraman -Sungai Ulin).

“Berdasarkan informasi dari pihak PUPR Kalsel, jalur tersebut sudah bisa dilalui roda 4 dan angkutan berat. Namun akan dijadwalkan jamnya berdasarkan jenis angkutannya,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *