Matangkan Pelaksanaan Pemilu 2024, KPU Gelar Rakoor Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan

PENGHARGAAN -Gelaran Rakoor tersebut ditutup dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan piagam penghargaan yang diberikan kepada Parpol, Polres Banjar, Bawaslu, dan Kesbangpol Kabupaten Banjar.

MartapuraKlik – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar menggelar Rapat koordinasi Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan (triwulan III), bertempat di Aula KPU, Sabtu (1/10/2022).

Guna mematangkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Rakor yang dipimpin Ketua KPU Banjar Muhaimin didampingi seluruh komisionernya tersebut, juga dihadiri seluruh Partai Politik (Parpol), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Bawaslu, Dinas PMD Kabupaten Banjar serta Polres Banjar.

“Kali ini kami sudah menyampaikan progres terkait pemuktahiran data Pemilu 2024 berkelanjutan periode September 2022 triwulan ke III. Ini menandakan berakhirnya masa pemuktahiran data berkelanjutan,” kata Muhaimin, kepada MartapuraKlik beserta satu awak media lainnya.

Rekap yang pihaknya sampaikan ini, lanjutnya, adalah rekapitulasi hasil data kependudukan serta pencocokan dan penelitian terbatas (Coktas) dibeberapa kecamatan untuk dijadikan sampel.

“Dengan Coktas ini, ada proses pemadanan data antara KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” ujarnya.

Ia menjalaskan, hasil rekap tersebut dapat diketahui dari 20 kecamatan yang dilakukan pemuktahiran. Dari 290 desa tercatat sebanyak 412.308 data pemilih.

Data ini, tambah Muhaimin, tentu bisa berubah. Hasil dari pemuktahiran data berkelanjutan nanti selanjutnya akan disandingkan dengan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

“Dilihat dari rekapitulasi tersebut, terdata sebanyak 78 orang pindah keluar, jumlah pemilih pemulanya 22.799 orang, data pemilih ganda 239 orang, tidak dikenal 316 orang, bukan penduduk 236 orang, belum e-KTP atau Surat Keterangan (Suket) 5 orang, ubah elemen data 175 orang. Untuk jumlah TPS berjalan sebanyak 1.273 TPS,” rincinya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *