Lima Kafilah Kalsel Berhasil Masuk Final di Cabang Khattil Qur’an

FINAL - Kepala Desa Sungai Telan Muara, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala Zainur Rahman, golongan Naskah Mushaf masuk ke final.

MartapuraKlik – Sebanyak 24 Finalis Lomba Cabang Khattil Qur’an di semua golongan, kali ini telah menyelesaikan babak penilaian akhir, di Madrasah Darussalam Tahfiz dan Ilmu Al-Quran Martapura, Senin (17/10/2022).

Ketua Panitia Lomba Cabang Khath Al-Qur’an Rusbandi mengatakan, Khattil ini terbagi menjadi empat golongan, masing-masing golongan mengirim enam orang untuk melaju ke final.

Read More

“Jadi, ada 24 orang yang maju ke babak final. Kalau masalah penentuan juara itu nanti pas penutupan baru diumumkan,” katanya.

Ade Setyawan selaku Dewan Hakim Golongan Naskah Mushaf, Asal Kota Padang menjelaskan, penilaian lomba khattil qur’an dari semua golongan ini, menekankan pada aspek huruf. Untuk kriteria penilaian ada dua macam, kaidah dan keindahan huruf.

“Jadi keseluruhan huruf dan warnanya itu tidak banyak. Sementara Golongan Dekorasi ada tiga unsur, kaidah kaligrafi, keindahan kaligrafi dan ornamen serta warna,” jelasnya.

Sedangkan, lanjut Ade Setyawan, Kontemporer penilaiannya ada dari aspek huruf, unsur kesenirupaan apakah kreatifitas atau inovasi.

“Terakhir itu sentuhan akhir supaya menghasilkan karya yang sempurna,” tambahnya.

Dari semua finalis yang bertanding. Lima Kafilah Kalimantan Selatan berhasil masuk ke babak Final di Cabang Khattil Qur’an ini.

Salah satu Kafilahnya merupakan Kepala Desa Sungai Telan Muara, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala Zainur Rahman, untuk golongan Naskah Mushaf

“Persiapan untuk bisa sampai ke tahap final ini memang sudah sangat maksimal. Karena Kalsel sudah dari 10 bulan lalu, mengadakan pelatihan sampai menjelang lomba,” ujarnya.

“Semoga bisa juara satu dan Kalimantan Selatan bisa menjadi Juara Umum,” harapnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *