Lestarikan dan Kenalkan Budaya Banjar, Bupati Banjar Resmikan Festival Budaya Banjar Tahun 2021

Lestarikan dan Kenalkan Budaya Banjar, Bupati Banjar Resmikan Festival Budaya Banjar Tahun 2021
MENINJAU – Bupati Banjar Saidi Mansyur, didampingi wakilnya Said Idrus, berkeliling meninjau beberapa stand di Festival Budaya Banjar Tahun 2021.

MartapuraKlik – Bupati Banjar Saidi Mansyur, sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Festival Budaya Banjar Tahun 2021. Rangkaian acara tersebut di antaranya, Bamandi Tujuh Bulanan, Lomba Kue Tradisional, Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Produk Unggulan. Terlaksana di halaman Kantor Bupati Banjar, Jumat (5/11/2021).

Di mana kegiatan ini terlaksana bertujuan untuk meningkatkan hidup dan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pemenuhan gizi masyarakat, menumbuhkan kewirausahaan dan peningkatan ekonomi yang berbasis kerakyatan.

Read More

“Ini sebagai bagian dari kekayaan Budaya Banjar, ritus bemandi tujuh bulanan ini harus terus dilestarikan dan digali kembali sebagai salah satu aset Budaya Banjar,” jelasnya.

Adapun wadai (kue) tradisional, kata Saidi Masnyur, tentunya tidak dapat dipisahkan dari adat budaya masyarakat Banjar.

Lestarikan dan Kenalkan Budaya Banjar, Bupati Banjar Resmikan Festival Budaya Banjar Tahun 2021

“Wadai tradisional kita ini, harus terus dilestarikan sebagai salah satu aset Budaya Banjar yang harus diperkenalkan dan diwariskan kepada generasi saat ini dan yang akan datang,” katanya.

Melalui rangkaian kegiatan seperti, lomba masak serba ikan hingga tercipta beraneka ragam menu masakan berbahan baku ikan.

“Distribusi Informasi menu masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat, juga sebagai edukasi manfaat makan ikan bagi kesehatan masyarakat serta mendorong tumbuh kembangnya usaha kuliner berbasis ikan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas menjelaskan, kebudayaan Banjar merupakan salah satu warisan yang harus dilestarikan di tengah dinamika perkembangan dunia saat ini.

“Oleh karena itu, TP- PKK, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banjar melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar untuk menghadirkan Festival Budaya Banjar ini,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *