Lestarikan Budaya Banjar Lewat Festival, Kepala Disperindag Kalsel Harapkan Produk Unggulannya Bisa Dikenal Luas

Lestarikan Budaya Banjar Lewat Festival, Kepala Disperindag Kalsel Harapkan Produk Unggulannya Bisa Dikenal Luas
JURI KEHORMATAN – Perlombaan Festival Budaya Banjar Tahun 2021 ini dinilai langsung oleh juri kehormatan dari Finalis Masterchef Indonesia asal Banua, yakni Agus Sasirangan.

MartapuraKlik – Sekedar diketahui, Kebudayaan Banjar merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan di tengah dinamika perkembangan dunia saat ini.

Tentunya, kita menyadari dan melihat saat ini tradisi Budaya Banjar yang mulai surut oleh kemajuan zaman. Angka stunting di Kabupaten Banjar yang mencapai 20,2 persen serta serbuan kuliner asing yang sudah banyak dan sangat mudah dijumpai saat ini.

Read More

Hal inilah melatarbelakangi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banjar bersama Dharma Wanita Persatuan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, menggelar Festival Budaya Banjar Tahun 2021, di halaman Kantor Bupati Banjar, Jumat (5/11/2021).

Apresiasi dan dukungan atas digelarnya beberapa perlombaan dalam Festival Budaya Banjar kali ini pun turut diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalsel Wahyuni.

Dirinya mengharapkan, produk-produk unggulan dari Kabupaten Banjar ini, bisa lebih dikenal luas. Tidak hanya di tingkat lokal saja, tetapi juga sampai ketingkat Nasional.

Lestarikan Budaya Banjar Lewat Festival, Kepala Disperindag Kalsel Harapkan Produk Unggulannya Bisa Dikenal Luas

“Saya mengusulkan tahun akan datang sebelum digelarnya lomba, di upload dulu di media sosial dengan jumlah like terbanyak. Sehingga bisa menentukan juaranya. Kenapa hal itu penting?, agar produk unggulan di Kabupaten Banjar dapat dikenal hingga keluar daerah. Orang akan penasaran kenapa satu produk banyak yang menyukai, tentu mereka akan mencari tahu produk yang dilombakan bisa masuk pada pasar ekspor Nasional,” jelasnya.

Digelarnya lomba masak serba ikan ini, tambahnya, secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk menggemari makan ikan. Selain itu juga mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha kuliner berbasis ikan.

“Semoga upaya yang menarik ini dapat memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas dan bisa mengurangi angka stunting khususnya di Kabupaten Banjar,” harapnya.

Adapun kategori lomba di antaranya, Lomba Kue Tradisional, Lomba Masak Ikan dan Lomba Produk Unggulan. Di ikuti oleh peserta dari Dharma Wanita Unit SKPD, Kader PKK Kecamatan dan BUMD Kecamatan se Kabupaten Banjar.

Perlombaan Festival Budaya Banjar Tahun 2021 ini dinilai langsung oleh juri kehormatan dari Finalis Masterchef Indonesia asal Banua, yakni Agus Sasirangan. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *