Lapas Narkotika Karang Intan Laksanakan Pelatihan Penanganan Kebakaran

PELATIHAN - Petugas Lapas Narkotika Karang Intan melaksanakan pelatihan penanganan kebakaran bekerja sama DPKP , Jumat (26/8/2022).

MartapuraKlik – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan berinisiatif memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran kepada petugas Lapas.

Kerja sama dengan Pemkab Banjar, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) memberikan pelatihan langsung.

Pembinaan fisik mental dan disiplin (FMD) bagi petugas Lapas dengan materi pelatihan pencegahan dan simulasi penanggulangan kebakaran, digelar di lapangan Lapas Narkotika Karang Intan, Jumat (26/8/2022).

Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat DPKP Banjar HM Sofyan, bersama 10 anggotanya memberikan materi kepada petugas Lapas, yang dibuka langsung Kalapas Wahyu Susetyo.

“Tujuan kegiatan ini, agar petugas kami dapat pengetahuan dan bisa menguasai tindakan kesiapsiagaan ketika menghadapi musibah kebakaran di Lapas,” ujar Kalapas.

Materi pertama, disampaikan oleh Rizki anggota DPKP Banjar, mengenai pengenalan kelas dan sumber api serta jenis alat pemadam api ringan (APAR) yang digunakan sesuai dengan kelas api yang ada.

Juga mengenai perawatan APAR dan penggunaannya. Di saat yang sama anggota lainnya mempraktikan berkenaan materi yang disampaikan.

“Cara mengangkat tabung ada tiga, pertama dijinjing, kemudian digendong seperti bayi, dan terakhir dipikul. Cara membawa ini disesuaikan dengan pintu yang akan dilewati. Untuk perawatan APAR usahakan seminggu sekali, atau setidaknya sebulan sekali,” ucap Rizki.

Petugas Lapas Narkotika Karang Intan antusias menyimak materi yang disampaikan kemudian maju ke depan praktik langsung berkaitan dengan materi disampaikan. Petugas juga diminta memadamkan api langsung pada tong besi yang dinyalakan api.

Kegiatan dilanjutkan simulasi pemadaman kebakaran jika terjadi musibah di blok hunian, apa saja yang harus dilakukan dalam penanganan kejadian, pengamanan lingkungan, hingga evakuasi dan pendataan korban kebakaran. Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *