Kondisi Memprihatinkan, DPUPRP Banjar akan Lakukan Inspeksi untuk Penggantian Jembatan Pingaran

Kondisi Memprihatinkan, DPUPRP Banjar akan Lakukan Inspeksi untuk Penggantian Jembatan Pingaran

MartapuraKlik – Kondisi Jembatan Pingaran di Desa PIngaran Ilir, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar yang menjadi penghubung dengan Desa Astambul Seberang, sangat memprihatinkan.

Pasalnya, jembatan tersebut mengalami kerusakan lantaran tumpukan sampah seperti batang kayu pohon bambu tersangkut, akibat terbawa arus banjir yang berada di aliran Sungai Riam Kiwa dan Sungai Martapura yang permukaan airnya mengalami peningkatan.

Read More

Menanggapi perihal tersebut, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Banjar HM Riza Dauly mengatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya penanganan.

“Salah satunya jembatan di Desa Pingaran. Sudah dua hari ini rekan-rekan kita dari Bidang Sumber Daya Air, membersihkan sampah yang menumpuk,” katanya, kepada MartapuraKlik, Jumat (14/1/2022).

Saat ini, lanjut HM Riza Dauly, telah mengerahkan 20 petugas dengan bantuan perahu dan alat seadanya untuk membersihkan sampah yang menumpuk di jembatan yang berada di aliran Sungai Riam Kiwa dan Sungai Martapura tersebut.

“Saya imbau warga agar berhati-hati saat melewati jembatan tersebut. Karena konstruksi dan kekuatan jembatan sudah menurun. Untuk kendaraan roda dua dan membawa muatan, agar kiranya bisa mencari jalan alternatif lain. Namun bagi pejalan kaki masih bisa melalui jembatan itu, tapi tetap hati-hati,” pesannya.

Ia juga menyebutkan, jembatan Pingaran ini sudah empat kali mengalami penumpukan sampah seperti ini.

“Seperti yang terjadi saat bencana banjir awal Tahun 2021 lalu,” sebutnya.

Disamping itu, pihaknya akan melakukan perbaikan hingga kemungkinan untuk mengganti jembatan tersebut sesuai dengan ketersediaan anggaran.

“Untuk perbaikan jembatan, nanti tim dari Bidang Bina Marga akan melakukan inspeksi dan penilaian. Semoga nanti bisa digantikan sesuai dengan anggaran tahun ini,” paparnya.

Dilain sisi, terkait konstruksi jembatan pengganti, apakah tetap dibangun dengan konstruksi permanen atau jembatan gantung? “Itu tergantung dengan kebutuhan serta perhitungan lalu lintas dan muatan yang biasa dibawa masyarakat,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *