Kodim 1006/Banjar Bersihkan Tumpukan Sampah dan Normalisasi Sungai

Kodim 1006Banjar Bersihkan Tumpukan Sampah dan Normalisasi Sungai
NORMALISASI – Masyarakat beserta anggota TNI Kodim 1006/Banjar tengah melakukan pembersihan tumpukan sampah dan normalisasi sungai di Kecamatan Kertak Hanyar dan Gambut.

MartapuraKlik – Pembersihan tumpukan sampah dan normalisasi sungai bersama komponen pemerintah dan masyarakat. Difokuskan di anak sungai yang berada di jalan Ahmad Yani Kecamatan Kertak Hanyar dan Gambut Martapura, Kabupaten Banjar.

Melalui kegiatan Karya Bakti TNI Kodim 1006/Banjar bekerja sama pihak Kecamatan Kertak Hanyar dan Gambut melibatkan masyarakat setempat. Kasdim 1006/Banjar Mayor Kav Taufiq Asyahari, membuka kegiatan Karya Bakti TNI di Aula Kantor Kecamatan Kertak Hanyar, Kamis (04/11/2021).

Ia mengatakan, kegiatan sebelumnya dilaksanakan terlebih dahulu sosialisasi dan arahan terkait program “Karya Bakti TNI dan Normalisasi sungai”.

“Sebagai wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan masyarakat di wilayahnya. Kami takkan mampu melaksanakan kegiatan tersebut tanpa dukungan dan bantuan pemerintah dan warga tentunya. Guna melaksanakan gotong-royong untuk membersihkan sungai,” bebernya.

Ini bertujuan, lanjutnya, agar mencegah terjadinya banjir di saat musim penghujan seperti ini tiba dan mengantisipasi adanya pendangkalan sungai.

Kodim 1006Banjar Bersihkan Tumpukan Sampah dan Normalisasi Sungai

“Sekali lagi, dengan harapan dibersihkan sungai untuk menyadarkan warga agar, tidak membuang sampah dialiran sungai,” harapnya.

Sementara itu, Camat Kertak Hanyar Yudi Andrea, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginnya kepada TNI Kodim 1006/Banjar membantu pembersihan dan normalisasi sungai , hingga anggotnya turun langsung ke sungai untuk membersihkan sampah.

“Juga semua pihak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Semoga hal ini membawa kebaikan untuk masyarakat Kertak Hanyar dan Gambut, sehingga banjir tak lagi terjadi,” ungkapnya.

Untuk Karya Bakti TNI Kodim 1006/Banjar dalam pembersihan sampah di sungai dan tumpukan kayu juga rumput dilakukan, kami sangat berharap sekali dalam kegiatan lanjutan normalisasi sungai nantinya yang dibantu Kodim Banjar dapat memberikan solusi banjir tidak lagi terjadi.

Diluar Program Karya Bakti TNI, Camat Kertak Hanyar Yudi Andrea menambahkan, secepatnya kegiatan normalisasi sungai akan dilaksanakan kurun waktu 2 bulan.

Dibantu Koramil Babinsa, Para Ketua Rt dan Pembakal setempat akan dilakukan pemberitahuan dan sosialisasi kewarga terlebih dahulu bahwa akan dilaksanakan pengerukan dan normalisasi sungai disepanjang Kecamatan Kertak Hanyar dan Gambut

“Nantinya, setelah dilaksanakan normalisasi sungai, ini dapat mengurangi masalah banjir dan juga pendangkalan,” tutupnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *